Penerapan Konsep Keseimbangan Bahan dalam Sistem Pengelolaan Llngkungan

Suaedi Suaedi

Sari


Keseimbangan bahan dapat digunakan sebagai landasan bagi pengaturan dan pengeJolaan lingkungan khususnya yang berkaitan dengan pemanfaatan sumberdaya alarn, pengendalian pencernaran, dan perlindungan spesies lainnya. Keharmonisan antara kebutuhan manusia akan surnberdaya alam dan pengelolaan lingkungan bergantung pada kebijaksanaan rnasing-rnasing stakeholders dalam melakoni perannya yang tercanturn dalam prlnsip-prinsip: tanggung jawab pribadi, peran pernerintah, reuse dan recycling surnberdaya, dan rnemaharni hubungan surnberdaya yang saling berpautan satu sarna lain.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Alikodra, H.S. 2001. Pengelolaan Sumberdaya Alam dan. Lingkungan. Makalah Pelatihan dosen PTN se Sumatera dalam Bidang Arndal, 1 - 10 Nevember.

Edmunds, S. and John, L. 1973. Envorinmental administration. McGraw-Hill Book Company, California.

Haeruman, H. 2002. Model Skematis Pcngaturan Lingkungan Hidup, Materi Kuliah PSL IPB.

Haeruman, . H. dan Ning, P. 1986. Ilmu Lingkungan (Draft). Fakultas Pascasarjana Institut Pertanian Bogar.

.

Haeruman, H. dan Alikodra, H.S. 2002. Perencanaan dan Administrasi Lingkungan. Materi Kuliah Program Studi Ilmu Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor.

Partowidagdo, W. 2002. Faktor Sosial, Budaya, Ekonomi, dan Lingkungan dalam Analisis Kebijakan Publik. www.khw.go.id/publiklpengumumanllokakarya5.htm.

Somarwoto, O. 2001. Atur-Diri-Sendiri Paradigma Baru Pengelolaan Lingkungan Hidup. Gadjah Mada University Press.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.