PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI IMPLEMENTASI STRATEGI DEDUKTIF-INDUKTIF SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PALOPO

Abd. Rahim Ruspa, Kamaruddin Kamaruddin

Sari


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan rencana pembelajaran Bahasa Indonesia melalui strategi deduktif-induktif siswa kelas VII SMP Negeri 2 Palopo. Strategi pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru bahasa dan sastra Indonesia kelas VII SMP Negeri 2 Palopo dengan menggunakan pola pengelolaan deduktif dan induktif sudah tercermin, yakni pola pengelolaan deduktif 3 kali muncul dan pola pengelolaan induktif 2 kali muncul dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru di kelas. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang telah dibuat oleh guru bahasa dan sastra Indonesia kelas VII SMP Negeri 2 Palopo sudah mencerminkan strategi pembelajaran dengan menggunakan pola pengelolaan deduktif dan induktif, namun masih sangat terbatas pada RPP ke-2 (pola pengelolaan deduktif dan induktif). Alat evaluasi yang telah dibuat oleh guru bahasa dan sastra Indonesia kelas VII SMP Negeri 2 Palopo sudah mencerminkan strategi pembelajaran dengan menggunakan pola pengelolaan deduktif dan induktif, yaitu deduktif hanya 1 kali muncul dan pola pengelolaan induktif muncul sebanyak 3 kali dalam soal ulangan harian yang telah dibuat oleh guru tersebut.

Kata Kunci


Pembelajaran; deduktif; induktif

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Depdiknas. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Ghazali, A. Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan

Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung: Refika Aditama.

Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. 2009. Strategi Pembelajaran

Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, Enco. 2011. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembel-

ajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis

Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Rahardi, R. Kunjana. 2009. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi.

Jakarta: Erlangga.

Sannang, Ramli. 1985. Strategi Belajar Mengajar Keterampilan Berbahasa

dan Mengapresiasi Sastra Indonesia. Ujung Pandang: FPBS IKIP.

Thoifuri. 2007. Menjadi Guru Inisiator. Kudus Jawa Tengah: RaSAIL.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/onoma.4.2.2018.1123

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##