KEEFEKTIFAN MODEL SHOW NOT TELL PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 LAMASI

Wira Wira

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan model pembelajaran show not tell dalam menulis cerpen. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penarikan sampel dilakukan dengan cara teknik purposive sampling.Hasil observasi yang diperoleh menunjukan bahwa model show not tell sangat efektif pada pembelajaran menulis cerpen, uji materi yang dilakukan diakhir pembelajaran menunjukan rata-rata nilai siswa yang memuaskan. Wawancara yang dilakukan untuk mengetahui respon siswa pun memperoleh kesimpulan bahwa model show nottell menarik atensi siswa karena sangat membantu siswa memahami materi pembelajaran.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Penggunaan model show not tell pada pembelajaran menulis cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lamasi sangat efektif, terlihat pada hasil pretest kelas eksperimen nilai rata-rata 61,83, standar deviasi 6,22, sedangkan hasil posttest nilai rata-rata 73,83, standar deviasi 6,11 baik untuk menarik atensi peserta didik maupun membantu peserta didik memahami materi pembelajaran.

Kata Kunci


model,show not tell,menulis

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Akhadiah, Sabarti dkk. 1997. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia.Erlangga. Jakarta. Depdikbuk, 2008. Kamus Besar Bahasa Indoneia Edisi IV. Balai Pustaka. Jakarta. Deporter dan Henacki, 2007. Dalam Buku Strategi dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra. Donald, Ary, 1982.Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Usaha Nasional. Surabaya.Enre, Fachruddin Ambo. 1994. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. IKIP Ujung Pandang. Ujung Pandang. Farhan, 2005.Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita dengan Pembelajaran Kontekstual Komponen Pemodelan pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Mangkutana. Skripsi. Diterbitkan. Palopo: FKIPUniversitas Cokroaminoto Palopo. Febriana, 2007. Meningkatkan Kemampuan Paragraf Esposisi dengan Kartu Kalimat pada Peserta Dididk kelas X-6 SMAN 1 Narmada. Skripsi. Diterbitkan. Palopo: FKIP-Universitas Cokroaminoto Palopo. Hendy, Zaidan. 1988. Pelajar Sastra I. Gramedia. Jakarta. Hernowo, 2003.Dalam Buku Strategi dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra. Mulyatiningsih, Endang. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta. Bandung. Nurdin, 2007.Dasar-Dasar Penulisan.Universitas Malang. Malang. Nurgiyantoro, Burhan. 2007. Teori Pengakajian Fiksi. Gajah Mada University Press. Yogyakarta. Purba, Antilan. 2010. Sastra Indonesia Kontenporer. Graha Ilmu. Yogyakarta. Ratna, 2014. Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Dengan Menggunakan Media Tayang Video Pada Siswa Kelas VII. 2. SMP Negeri5 Palopo. Skripsi. Diterbitkan. Palopo: FKIP-Universitas Cokroaminoto Palopo. Rebeka, Dalam Deporter dan Henacki, 2007 Hernawo, 2003 Dalam Buku Strategi dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra. Sagiman, 2014. Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Palopo. Skripsi. Palopo: FKIP-Universitas Cokroaminoto Palopo. Savitri, 2007. Penerapan Metode Experiential learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Deskripsi Kelas 1 SMUN 1 Jombang. Skripsi. Diterbitkan. Palopo: FKIP-Universitas Cokroaminoto Palopo. Subana, M. Dan Sudrajat. 2005. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. CV Pustaka Pelajar. Bandung. Sugiono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung. Sumardjo, Jokob. dan Saini K.M. 1991. Apresiasi Kesusastraan. Garamesia. Jakarta. Suparno,& Mohammad Yunus. 2007. Keterampilan Dasar Menulis. Universitas Terbuka. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/onoma.4.1.2018.1409

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##