Komparasi Karakter Gelatinasi Pati Sagu Yang Berasal Dari Kab. Luwu Dan Kab. Luwu Utara

Ulfa Zakiah Hamdani

Sari


Abstrak
Studi komparasi suhu gelatinasi dua jenis pati sagu yang berasal dari Kab. Luwu dan Kab. Luwu Utara telah berhasil dilakukan. Pati sagu ditentukan kadar air dan suhu gelatinasi minimum dengan memvariasikan suhu pemanasan suspensi pati sagu dalam akuades. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa kadar air pati sagu yang beredar di kedua kabupaten secara berturut-turut adalah 56,62% dan 62,23%. Suhu gelatinasi minimum pati sagu Kab. Luwu dan Kab Luwu Utara adalah 600C. Kecenderungan kecepatan gelatinasi kedua pati sagu tidak memiliki perbedaan yang signifikan.

Kata Kunci: gelatinasi, pati sagu, luwu, luwu utara

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad, B., Fasiluddin., Peter A. Williams., Jeanb Louis Doublier, Sylvie Durand, Alain Buleon, 1999, Physico-chemical Characterisation of Sago Starch, Carbohydrate Polymers, 38, 361-370.

Bestari, Angi Nadya, Rizqi Hidayatullah, Teuku Nanda Saifullah Sulaiman, Pembuatan Amilum Sagu (Metroxylon sagu,Rotb) Pregelatin dan Material Komposit sebagai Filler Binder Sediaan Tablet.Prosiding Rakernas dan Pertemuan Ilmiah Tahunan Ikatan Apoteker Indonesia 2016.

Malviya, Rishabha, Pranati S., Annamalai P., Mayank B., dan Pramod K. S. 2010. A brief Review on Thermo-rheological Properties of Starch Obtained from "Metroxylonsagu".WorldAppliedSciencesJournal. 9(5): 553-560.

Polnaya, Febby J., Haryadi., Djagal W.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/perbal.v7i1.1223

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.