Kajian Penambahan Pupuk Kandang Ayam Dan Jumlah Benih Perlubang Tanam Pada Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Jagung Manis (Zea mays Saccharata Sturt)

Erse Drawana Pertiwi, Ahmad Maksum Maksum

Sari


Salah satu upaya untuk meningkatkan produksi tanaman jagung manis adalah dengan pemberian pupuk kandang ayam dan jumlah benih per lubang tanam. Metode yang digunakan adalah percobaan faktorial dua faktor dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama adalah pemberian pupuk kandang ayam dengan 4 taraf yaitu tanpa pemberian pupuk kandang ayam (A0), pemberian pupuk kandang ayam 6 kg (A1), pemberian pupuk kandang ayam 12 kg (A2), pemberian pupuk kandang ayam 18 kg (A3) dan faktor kedua adalah jumlah benih per lubang tanam dengan 2 taraf yaitu 1 biji per lubang tanam (J1) dan 2 biji per lubang tanam (J2). Hasil penelitian yang diperoleh adalah perlakuan penggunaan pupuk kandang ayam A2 (pupuk kandang ayam 12 kg) memberikan hasil terbaik terhadap pertumbuhan tinggi tanaman, jumlah daun, diameter batang, diameter tongkol, dan bobot tongkol per buah tanaman jagung manis. Penggunaan jumlah benih J1 (1 biji per lubang tanam) memberikan hasil terbaik terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, dan diameter batang tanaman jagung manis.Tidak terjadi interaksi antara penggunaan pupuk kandang ayam dan jumlah benih per lubang tanam pada semua variabel pengamatan tanaman jagung manis.

Kata kunci : jagung manis, pupuk kandang ayam, jumlah benih

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Gaspersz, V.1991. Metode Perancangan Percobaan. Armico. Bandung.

Fitriyanti D, 2012. Kompetisi Antar Tumbuhan.Blogspot.dianfitriyanti. com diakses pada tanggal (15 Januari 2019).

Harjadi, S.S.2002. Pengantar Agronomi. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Heddy S dan Guritno B. 2013. Kajian Penambahan Pupuk Kandang Kambing Dan Kerapatan Tanaman Yang Berbeda Pada Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Jagung Manis (Zea mays Saccharata Sturt). Jurusan Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya. Jl. Veteran, Malang 65145 Jawa Timur.

Purnomo MS, dan Hartono R. 2007. Bertanam Jagung Unggul. Penebar Swadaya. Jakarta

Phirmantoro, H. 2004. Memupuk Tanaman Buah. Penebar Swadaya, Jakarta.

Rukmana, R. 2003. Budidaya dan Pasca Panen Jagung Manis. CV. Aneka Ilmu. Semarang.

Sutedjo, M., M. 2010. Pupuk dan Cara Pemupukan. Rineka Cipta. Jakarta..

Widowati, L.R., Sri Widati, U. Jaenudin, dan W. Hartatik. 2005. Pengaruh Kompos Pupuk Organik yang Diperkaya denan Bahan Mineral dan Pupuk Hayati terhadap Sifat-sifat Tanah, Serapan Hara dan Produksi Sayuran Organik. Balai Penelitian Tanah Bogor




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/perbal.v7i2.1374

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.