Pemodelan Mesin Pengering Biji-Bijian Tipe Batch Menggunakan Hybrid Petri Net

Deny Murdianto, Dwi Santoso

Sari


Pengeringan merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan dalam proses pengolahan hasil pertanian, penggunaan mesin pengering menjadi hal yang disarankan guna meningkatkan efisiensi kerja dan kualitas dari bahan yang dikeringkan. Untuk menunjang efektifitas kerja dari mesin pengering perlu dilakukan pemodelan agar diketahui baik atau tidaknya desain dan kinerja mesin tersebut. Metodologi yang diusulkan untuk membangun hybrid petri net adalah dengan menurunkan himpunan persamaan massa dan persamaan energi yang menentukan perilaku distribusi aliran udara panas. Alat pengering tipe batch terdiri dari beberapa bagian utama yaitu ruang plenum, ruang pengeringan dan tungku. Pada tungku terdiri dari ruang bakar, blower dan plat pembatas. Petri net terdiri dari 6 place dan 5 transisi. Yaitu blower, energi udara (dari blower), gas LPG, ruang bakar (energi panas), heat exchanger, ruang pengering, transisi udara dari blower, transisi gas dari LPG ke ruang bakar melalui aktuator 1, transisi gas dari LPG ke ruang bakar melalui aktuator 2, transisi panas dan udara ke heat exchanger, transisi udara panas dari heat exchanger ke ruang pengering. Mesin pengering biji-bijian tipe batch dapat dimodelkan secara matematis menggunakan Hybrid Petri Net. Petri Net yang diperoleh terdiri dari 6 place dan 5 transisi. Bagian diskrit dari Petri Net digunakan untuk menggambarkan blower, sedangkan bagian lain dari mesin pengering menggunakan bagian kontinu dari Petri Net.

Kata kunci : Pemodelan, Hybrid Petrinet, Mesin Pengering

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bahri, S. (2008). Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian: Jakarta: PT Merdiyatama Saran Perkasa.

Nawafi, F., Puspita, R., Puspita, R., Desna, D., & Irzaman, I. (2010). Optimasi Tungku Sekam Skala Industri Kecil Dengan Sistem Boiler. Jurnal Jurusan Fisika FMIPA UNDIP, 12(3), 77-84..

Murdianto, D. 2016. Pemodelan Instalasi Air Bersih Menggunakan Hybrid Petri Net. Tesis Magister Matematika Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Santoso, D., Muhidong, D., & Mursalim, M. (2018). MODEL MATEMATIS PENGERINGAN LAPISAN TIPIS BIJI KOPI ARABIKA (Coffeae arabica) DAN BIJI KOPI ROBUSTA (Coffeae cannephora). Jurnal Teknologi Pertanian Andalas, 22(1), 86-95.

Subiono, (2015), Aljabar Min-Max Plus dan Terapannya Version 3.0.0., Buku Ajar Mata Kuliah Pilihan Pascasarjana Matematika Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/perbal.v7i2.1375

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.