Upaya Pengembangan Bauran Pemasaran Pada Industri Rumah Tangga “Multi Kue” Di Kota Palopo

Rahmi Azizah Mudaffar

Sari


Kue bagea memiliki kontribusi dalam menunjang pembangunan ekonomi daerah. Industri kue bagea saat ini sudah terdapat di beberapa Kecamatan di Kota Palopo. Penelitian ini dilaksanakan di Industri Rumah tangga “Multi Kue” yang terletak di Jl.Sungai Pareman II Kota Palopo. Metode pengambilan data dilakukan melalui observasi, survey, kusioner, dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif, yaitu menggambarkan hasil analisis faktor internal dan eksternal (kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman) dan dikombinasikan dengan analisis tingkat kepercayaan dan kepentingan atribut bagi konsumen kue bagea “multi kue”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik umum responden dan proses keputusan pembelian sangat berpengaruh pada produk, harga, promosi, dan distribusi. Dan menurut hasil pengolahan data dari faktor internal dan faktor eksternal dan dikombinasikan dengan analisis tingkat kepercayaan dan kepentingan dapat disimpulkan yaitu, dengan membuat produk dan kemasan yang lebih inovatif, membuat daftar harga yang bisa dilihat langsung oleh konsumen, menetapkan harga yang bervariasi untuk target pasar yang berbeda, memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk dimana media sosial sekarang ini memiliki peran penting dalam strategi pemasaran baik bagi bisnis kecil maupun bisnis besar, juga memperluas jaringan pasar sampai keluar Kota Palopo seperti, ke Luwu, Luwu Utara, dan Luwu Timur, yang dalam hal ini bekerjasama dengan pengecer untuk memasarkan produknya, dan membuka gerai atau toko di tempat produksi dengan tempat yang bersih dan rapi.

Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Tingkat Kepercayaan, Kepentingan Atribut, Bagea.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alma, Buchari 2002. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alvabeta.

Amstrong, Gary & Philip, Kotler. 2002. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.

David, Fred R. 2002. Manajemen Strategis: Konsep. Edisi Ketujuh. Jakarta: PT. Prenhallindo

Haryanto, dkk. 1992. Potensi dan Pemanfaatan Sagu. Kanisius. Yogyakarta.

Kasmir. 2006. Kewirausahaan. Jakarta: Rajawali Pers.

Mangunwidjaja, dkk, 2002. Pengantar Teknologi Pertanian. Penebar Sw adaya, Depok.

Mowen. C Jhon. 2002. Perilaku Konsumen. Jilid Kedua. Jakarta: Erlangga.

Saladin, dkk, 2003, Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran, Cetakan Ketiga, Bandung : Linda Karya.

Saleh, I.A. 1986. Industri kecil Suatu tinjauan dan perbandingan. Jakarta: LP3ES.

Sugiyono. 2004. Metode penelitian bisnis: Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Swastha, Basu 2001 ; Manajemen Pemasaran I, Edisi Ketiga, Yogyakarta : BPFE.

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta : penerbit Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/perbal.v7i2.1376

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.