Peran Perempuan Pada Usaha Pembudidaya Rumput Laut Di Kabupaten Bantaeng (Studi Kasus Kelurahan Lamalaka Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng)

Rahmawati Tahir

Sari


Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk Peran Perempuan dalam kegiatan budidaya rumput laut. Jenis Penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Pengumpulan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara porposive. Kelurahan Lamalaka Kabupaten Bantaeng jumlah Sampel yang digunakan sebanyak 27responden yaitu minimal 10 persen dari jumlah perempuan pembudidaya sebanyak 115 orang. Berdasarkan hasil penelitian menggambarkan bahwa peran perempuan dalam usaha budidaya rumput laut di Kelurahan Lamalaka mulai dari proses para produksi, produksi hingga pasca panen seperti membuat bentangan, mengikat pelampung, mengikat bibit, panen dan penjemuran dikerjakan oleh perempuan. Implikasi dari kegiatan perempuan pada usaha pembudidaya rumput laut adalah kontribusi perempuan dalam pemenuhan ekonomi rumah tangganya. Adapun permasalahan yang dihadapi masyarakat pada kegiatan pembudidaya rumput laut adalah kurangnya modal usaha dan masih rendahnya keahlian yang dimiliki petani rumput laut di Kelurahan Lamalaka.

Kata Kunci: Peran perempuan, usaha, rumput laut, budidaya

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto. 2000. Manajemen Penelitian. Rineka Cipta, Jakarta.

Anggadirejen, T.J,.A.Zatnika, H.Purwoto, S. Istini. 2006. Rumput Laut. Penebar Swadaya. Jakarta.

Daniel, Moehar Ir. 2002. Pengantar Ekonomi Pertanian. Bumi Aksara, Jakarta.

Departemen Kelautan dan Perikanan. 2011. Program Revitalisasi. Jakarta.

Fachry, Mardiana, E,. 2009. Analisis Profil Keluarga Pembudidaya Rumput Laut Ditinjau Dari Aspek Peran Gender Di Kabupaten Jeneponto. Proceding. Konas Ambon.

Kusnadi, 2001. Pangamban. Kaum Perempuan Fenomenal, Pelopor dan Penggerak Perekonomian Masyarakat Nelayan. Humaniora Utama Press. Jakarta.

Manullang, M. 2002. Pengantar Bisnis. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Miles dan Hubeman, 1992. AnalisisDataKualitatif; Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. UI Press. Jakarta.

Mulyadi, s 2007. Ekonomi Kelautan. Rajawali Pers. Jakarta.

Saruan, 2000. Studi Gender Pada Rumah Tangga Nelayan dalam Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Lautan. Bogor. Tesis Program Pascasarjana. IPB. Bogor.

Sitorus, 1998. Penelitian Kualitatif. Suatu Pendekatan. Bogor. Laboratorium Sosiologi, Antropologi dan Kependudukan. Jurusan Ilmi sosial dan Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian institut Pertanian Bogor.

Soekartawi. 1995. Dasar Penyusunan Evaluasi Proyek. Pustaka Sinar Harapan, Jakarta.

Wahyu, Farhana. 2010. Sosio Ekologi Budidaya rumput Laut (Eucheuma cottonii) pada masyarakat pesisir di Kelurahan Lamalaka Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng. Skripsi Universitas Hasanuddin. Makassar.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/perbal.v7i2.1377

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.