Studi Bisnis Pengolahan Tanaman Sagu Di Kabupaten Desa Waelawi Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara

Dharma Fidyansari, Fitriyanti Fitriyanti

Sari


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik pengolahan tanaman sagu dan nilai pendapatan ekonomi dari pengolahan tanaman sagu di Desa Waelawi, Kecamatan Malangke Barat, Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menganalisis teknik pengolahan sagu dan untuk memperoleh nilai pendapatan ekonomi untuk pengolahan tanaman sagu menggunakan analisis kuantitatif. Pengambilan sampel dikumpulkan dengan teknik total sampling dengan mengambil semua populasi yang ada (sensus). Metode wawancara gratis adalah dengan mewawancarai 10 responden yang memiliki bisnis pengolahan sagu. Hasil penelitian menunjukkan pengolahan empulur sagu menjadi pati sagu basah secara mekanis dan mekanis terintegrasi. Hasil penelitian kemudian menunjukkan 10 manajer produksi tiga kali / minggu, satu produksi dengan sepuluh batang sagu besar dapat menghasilkan sagu basah kurang dari dua ratus karung dengan berat lebih dari sepuluh ton atau produksi sagu dalam sebulan rata-rata 81,1 karung / bulan, dengan penghasilan rata-rata Rp 9.756.000,-/bulan.

Kata kunci: Sagu, Pengolahan, Waelawi, Malangke Barat.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Haryanto, B dan Pangloli. 1992. Potensi dan Pemanfaatan Sagu. Yogyakarta: Kanisius.

Timisela, N.R. 2006. Analisis usaha sagu rumahtangga dan pemasarannya. Agroforestri. Fakultas Pertanian Unpatti Ambon, 1 (3), 57-64.

Tirta, P.W.W.K., N. Indrianti, dan R. Ekafitri. 2013. Potensi tanaman sagu (Metroxylon sp.) dalam mendukung ketahanan pangan di Indonesia. Pangan, 22 (1), 61-78.

Tim Penyusun RPJMDes. 2016. RPJMDes 2016-2022 Desa Waelawi Malangke Barat Luwu Utara




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/perbal.v7i3.1416

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.