Respon Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Melon (Cucumis Melo L.) Melalui Pemberian Poc Kotoran Sapi Dan Mulsa Plastik

Baso Amir, Andika Abdillah

Sari


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon pertumbuhan dan hasil tanaman melon dengan pemberian POC kotoran sapi dan mulsa plastik.Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 6 perlakuan dan setiap perlakuan diulang sebanyak 4 kali, sehingga terdapat 24 unit percobaan. Adapun perlakuan yang diberikan sebagai berikut: P0 : tanpa mulsa dan poc kotoran sapi (kontrol), P1 : mulsa dan POC kotoran sapi dengan konsentrasi 50 ml/tanaman, P2 : mulsa dan POC kotoran sapi dengan konsentrasi 100 ml/tanaman, P3 : mulsa dan POC kotoran sapi dengan konsentrasi 150 ml/tanaman, P4 : mulsa dan POC kotoran sapi dengan konsentrasi 200 ml/tanaman, P5 : Pemberian mulsa dan POC kotoran sapi dengan konsentrasi 250 ml/tanaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan mulsa plastik dan POC kotoran sapi berpengaruh nyata pada tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah buah, bobot buah, dan diameter buah.Hal ini diduga disebabkan oleh penggunaan mulsa plastik dan nutrisi pada POC kotoran sapi mampu meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman melon.Pemanfaatan mulsa plastik dan POC kotoran sapi yang memberikan hasil terbaik pada perlakuan P5 (pemberian mulsa dan POC kotoran sapi dengan konsentrasi 250 ml/tanaman) untuk jumlah buah 1.12 buah dan bobot buah 1.02 kg

Kata kunci :Melon, Mulsa, POC, Kotoran Sapi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badan Pusat Statistik. 2017. Hortikultura Produksi Tanaman Buah Melon (Ton). http://www.bps.go.id/site/pilihdata (Diakses pada 08 mei 2019).

Irfan. 2013. Respon bawang merah (Allium ascalonicum L.) terhadap zat pengatur tumbuhdan unsur hara. UIN RIAU. https:// www. download. Portal garuda.org.(Diakses pada 08 mei 2019).

Lingga, P. 1991. Kotoran Ternak Penyubur Tanah. Jakarta: Penebar Swadaya. 1998. Petunjuk Penggunaan Pupuk. Penebar Swadaya, Jakarta.

Mayun. 2007. Pengaruh Dosis Pupuk Organik Cair Kotoran Sapi terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Sawi Hijau (Brassica sinensis L.) (Electronic persion). Agroforestri7 (1), 43-49.

Muku, M.O. 2002. Pengaruh Jarak Tanam dalam Barisan dan Macam Pupuk Organik terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Bawang Merah (Alium ascalonicumL.) di Lahan Kering. Pasca Sarjana, Universitas Udayana, Denpasar. Tesis. Tidak Dipulikasikan

Novizan, 2002. Petunjuk Pemupukan Yang Efektif. Agromedia Pustaka. Jakarta.

Nur, S dan Thohari, 2005.Tanggap Dosis Nitrogen dan Pemberian Berbagai Macam Bentuk Bolus Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Bawang Merah (Allium ascalonicum L). Dinas Pertanian Kabupaten Brebes.

Prajnanta. 2004. Melon, Pemeliharaan Secara Intensif dan Kiat Sukses Beragribisnis. Penebar Swadaya, Jakarta.

Rukmana, R. 2002. Budidaya Melon Hibrida. Kanisius, Yogyakarta

Sudjianto, U., dan Krestiani, V. 2009. Studi pemulsaan dan dosis NPK pada hasil buah melon (Cucumis melo L.), Fakultas Pertanian Universitas Muria Kudus.Kudus.

Sutrisna, N.,S. Yanto. 2014. Uji Formula NPK pada pertanaman cabai rawit dataran tinggi Lembang




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/perbal.v7i3.1420

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.