Analisis Saluran Dan Margin Pemasaran Pupuk Bersubsidi (Urea Dan Npk Phonska) Di Kecamatan Malangke Kab. Luwu Utara

Rahmi Azizah Mudaffar

Sari


Abstrak
Penelitian ini bertujuan Untuk Mengetahui bentuk saluran pemasaran pupuk bersubsidi ( Urea dan Phonska) dan fungsi pemasaran yang dilakukan oleh produsen dan lembaga pemasaran di daerah penelitian dan Untuk mengetahui besarnya biaya pemasaran, Margin Pemasaran dan Shere Margin ) setiap lembaga pemasaran yang terlibat dalam saluran pemasaran?. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus–Oktober 2019 di Kec. Malangke Kabupaten Luwu Utara dengan pertimbangan kecamatan ini merupakan merupakan salah satu sentra penghasil tanaman Jagung ( Tanaman Pangan). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menujukkan bahwa Hanya ada satu saluran pemasaran pupuk bersubsidi didaerah peneltian yaitu Produsen, Distributor, Pengecer, Petani. Produsen melakukan 4 Fungsi Pemasaran yaitu Penjualan, Penyimpanan, transportasi dan pembelian. Selain 4 funngsi pemasaran tersebut diatas, produsen juga melakukan fungsi pembelian dalam hal pegadaan bahan baku tetapi tidak melakukan pembelian hasil produksi yang berupa pupuk, sedangkan lembaga pemasaran yang yang terlibat yaitu distributor dan pengecer melakukan 5 fungsi pemasaran yaitu pembelian, penjualan, transpotasi, penyimpanan dan pembiayaan.
Kata kunci: analisis, margin pemasaran, pupuk bersubsidi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badan Litbang Pertanian, 2011. Prospek dan kendala Subsidi Pupuk Langsung ke Petani. Sinar Tani. Edisi 5-11 Oktober Hal 5-8

Chandra, G., 2004. Pemasaran Global : Internasional dan Internetisasi, Edisi I. Andi, Yogyakarta

Erwin dan T. Sabrina,. 2000. Pupuk dan Pemupukan. Balai Penelitian Tembakau Deli. Medan.

Hardjanto, W. 1996. Analisis Pendapatan dan Tingkat Kesejahteraan Petani di Kecamatan Jagakarsa, Kotamadya Jakarta Selatan. Skripsi. Fakultas Perikanan, IPB. Bogor.

Jumin, H.B., 1994. Dasar-Dasar Agronomi. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Kotler and Armstrong., 1999. Prinsip-Prinsip Pemasaran: Edisi VIII. Erlangga, Jakarta.

Mubyarto, 1986. Pengantar Ekonomi Pertanian. LP3S Jakarta. Jakarta.

Musnawar dan Effi Ismawati., 2003 Pupuk Organik Padat, Pembuatan dan Aplikasi Cet 1. Penebar Swadaya, Jakarta.

Purwono dan Heni Purnawati. 2007. Budidaya 8 Jenis Tanaman Pangan Unggul. Penebar Swadaya, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/perbal.v7i3.1421

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.