Peranan Wanita Pedagang Sayur Terhadap Pendapatan Keluarga Di Pasar Tradisional Marisa Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato

Fatmawati Fatmawati, Irwan Nooyo, Wahyudi Gani

Sari


Abstrak
Pedagang sayur di Pasar Tradisional Marisa memiliki peran yang penting selain mengatasi kemiskinan yang dialaminya, mereka juga memiliki peran secara ekonomi bagi negara. Penelitian ini bertujuan:1) Untuk mengetahui kontribusi pendapatan wanita pedagang sayur dalam menunjang pendapatan keluarga; 2) Untuk mengetahui curahan waktu kerja wanita pedagang sayur di Pasar Tradisional Marisa. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data primer diperoleh melalui wawancara pada wanita pedagang sayur di Pasar Tradisional Marisa dan data sekunder diperoleh dari Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Pohuwato. Populasi dan sampel penelitian ini dipilih secara sengaja yaitu wanita pedagang sayur di pasar Tradisonal Marisa dengan jumlah populasi dan sampel 24 wanita pedagang sayur. Analisis data menggunakan analisis pendapatan, analisis kontribusi pendapatan dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kontribusi wanita pedagang sayur terhadap pendapatan keluarga yaitu sebesar 55,85%; 2) Alokasi curahan waktu kerja wanita pedagang sayur lebih besar pada kegiatan berdagang (45,83%) dibandingkan pada aktifitas lainnya (37,67%) dan mengurus rumah tangga (16,49%).

Kata Kunci: Pasar Tradisonal, Peranan Wanita, Pedagang Sayur, Pendapatan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.

Asysyifa, Fonny R., dan Yuniarti. 2013. Studi Peran Wanita Perdesaan Hutan dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga di Desa Telaga Langsat Kabupaten Tanah Laut. Jurnal Hutan Tropis 1(2): 98-105.

Kharisun. 2014. Karakteristik dan Peran Istri Nelayan dalam Pendapatan Keluarga Nelayan di Kota. Pekalongan. Skripsi dipublikasikan. Semarang: Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Poerwandari, E. K. 2001. Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia. Jakarta: LembagaPengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Priminingtyas, D. N. 2007. Analisis Sosial Ekonomi Peranan Perempuan Pedesaan di Dalam Keluarga dan Masyarakat. Jurnal Buana Sains. 7(2):193202.

Sari, RS, dkk. 2014. Kontribusi Pendapatan Ibu Rumah Tangga Penjahit Kain Perca terhadap Pendapatan Total Keluarga. Jurnal FKIP Universitas Lampung.

Siregar, Sasmita, dkk. 2015. Peranan Wanita Pedagang Sayur Terhadap Pendapatan Rumah Tangga. Jurnal Agrium Oktober 2015 Volume 19 No. 3.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/perbal.v8i1.1512

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.