Pertumbuhan dan produksi jagung hibrida melalui pemberian pupuk organik cair

Muhammad Naim

Sari


Jagung termasuk komoditas strategis dalam pembangunan pertanian dan perekonomian Indonesia, mengingat komoditas ini mempunyai fungsi multiguna, baik untuk pangan maupun pakan.Penelitian ini dilaksanakan di kebun percobaan kelompok tani Pammase Desa Barang Palie, Kecamatan Lanrisang, Kabupaten Pinrang. Penelitian ini berlangsung dari September-Desember 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi antara pupuk organik cair dengan pertumbuhan dan produksi tanaman jagung, untuk mengetahui pupuk organik cair mana yang memberi pengaruh terbaik terhadap tanaman jagung dan untuk mengetahui varietas jagung yang memberi respon terbaik terhadap berbagai jenis pupuk organik cair. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk percobaan rancangan petak terpisah dalam rancangan kelompok. Faktor pertama sebagai petak utama yaitu varietas jagung yang terdiri atas dua varietas yaitu varietas jagung hibrida, varietas jagung komposit. Faktor kedua sebagai anak petak adalah berbagai jenis mikroorganisme lokal dengan enam jenis yaitu: Mol urin sapi, Mol buah maja, Mol nasi, Mol keong mas, Mol kombinasi, dan Enzim yang di aplikasikan secara acak ke dalam petak utama. Terdapat interaksi antara pupuk organik cair Mol urin sapi dengan varietas jagung terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, diameter batang, bobot tongkol, dan bobot 1000 biji.
Kata kunci : Jagung, Varietas, Pupuk organik cair

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Rezaeieh K. A. dan A. Eivazi.(2011). Evaluation of Morphological Characteristics in Five Persian Maize (Zea mays L.)Under Drought Stress.African Journal of Agricultural Research 6(18): 4409-4411.

Badan Pusat Statistik Prov. Sul-Sel. 2013. Produksi Padi Dan Jagung Di Provinsi Sulawesi Selatan (Angka Tetap 2009, 2010 Dan Angka Ramalan II 2011. http://sulsel.bps.go.id/brs/8/padi-dan-palawija

Hadisuwito,S. 2007. Pembuatan Pupuk Kompos Cair . Agromedia Pustaka. Bandung.

Hakim, A.M, 2009.Asupan nitrogen dan pupuk organik cair terhadap hasil dan kadar vitamin c kelopak bunga rosella (Hisbiscus sabdariffa L.). Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Indrakusuma, 2000.Proposal pupuk organik cair supra alam lestari.PT Surya Pratama Alam.Yogyakarta.

Maspary, 2011. Cara Mudah Fermentasi Urine Sapi Untuk Pupuk Organik Cair. http://www.gerbangpertanian.com/2010/04/cara-mudah-fermentasi-urine-sapi-untuk.html. Diakses tanggal 5 Agustus 2016.

Parman, S. 2007.Pengaruh pemberian pupuk organik cair terhadap pertumbuhan dan produksi kentang (Solanum tuberosum L.). Buletin Anatomi dan Fisiologi XV(2):21-31.

Purwasasmita, M. 2009. Mikroorganisme Lokal Sebagai Pemicu Siklus Kehidupan Dalam Bioreaktor Tanaman. Seminar Nasional Teknik Kimia Indonesia, 19-20 Oktober 2009.

Rahmi, Abdul. dan Jumiati. 2007. Pengaruh konsentrasi dan waktu penyemprotan pupuk organik cair super aci terhadap pertumbuhan dan hasil jagung manis. Agritrop, 26 (3) : 105 – 109




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/perbal.v5i1.685

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.