karakterisasi dan pengaruh berbagai perlakuan terhadap produksi tepung beras merah (oryza nivara) instan

Firman Santhy Galung

Sari


Beras merah (Oryza nivara) adalah beras yang kaya serat, vitamin dan mineral yang dapat mencegah berbagai penyakit saluran pencernaan dan dapat meningkatkan perkembangan otak dan menurunkan kolesterol darah. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh tepung beras instan terbaik dengan berbagai perlakuan pengolahan. Prosedur pada penelitian ini diawali dengan penentuan jenis beras yang digunakan, instanisasi tepung beras merah, penentuan perlakuan terbaik yang diperoleh berdasarkan hasil uji waktu rehidrasi dan uji organoleptik skala hedonik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan pertama dengan perlakuan penepungan merupakan perlakuan terbaik didasarkan pada waktu rehidrasi 59,78 detik dan nilai hasil pengujian organoleptik dengan nilai 4,98yang menunjukkan agak suka terhadap produk bubur beras merah.
Kata kunci: Beras merah, tepung, instan, uji rehidrasi, uji organoleptik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buckle et al., 1988. Ilmu Pangan. Terjemahan : Henri Purnomo dan Aldiono.

Universitas indonesia. Jakarta

Bustan. 2007. Beras Organik. http:// www.agribisnis-ganesha.com/?page_id=60. Diakses pada hari Kamis, 8 Desember 2011 pukul 19.00 WIB.

Haryadi.2006. Teknologi Pengolahan Beras.Yogyakarta: Pusat Antar Universitas Pangan dan Gizi,Universitas Gadjah Mada

Masniawati A, Johannes Eva. 2013. Karakterisasi Sifat Fisikokimia Beras Merah pada Beberapa Sentra Produksi Beras di Sulawesi Selatan. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Owens G. 2001. Cereals Processing Technology. Boca Raton: CRC Press.

Panggabean KD. 2004. Pengembangan produk bubur jagung instan. [Skripsi]. Bogor: Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/perbal.v5i2.691

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.