PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS PUISI KELAS X SMK NEGERI 4 PALOPO

Abd. Rahim Ruspa, Harsia Harsia, Besse Hardiana

Sari


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil penerapan model cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap pembelajaran membaca dan menulis puisi dan mendeskripsikan perbedaan secara signifikan hasil belajar membaca dan menulis puisi antara menggunakan model CIRC dan tanpa menggunakan model CIRC. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah claster random sampling. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknis tes dan non tes. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistic uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa perbandingan skor rata-rata hasil tes siswa antara kelas eksperimen (menggunakan model CIRC) dan kelas kontrol (tanpa menggunakan model CIRC) dengan menggunakan rumus uji t independent sample t tes, dapat diketahui bahwa nilai thitung diperoleh sebesar - 3,793. Nilai ttabel 1,70. Jadi, thitung

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Akhadiah. Sabarti. dkk. 2001. Menulis. Bandung: Pustaka prima.

Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: penerbit PT RajaGrafindo Persada.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta: Jakarta

Djumingin, Sulastriningsih. 2011. Strategi dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Negeri Makassar: Makassar

Nurhadi. 2016. Teknik Membaca. Jakarta. Bumi Aksara.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.