PERANAN KELOMPOK TANI DALAM USAHATANI KAKAO DI DESA PENGKENDEKAN KECAMATAN SABBANG KABUPATEN LUWU UTARA

Sumantri Sumantri, Aries Aries

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan kelompok tani dalam usahatani kakao di Desa Pengkendekan Kecamatan Sabbang Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini dilakukan di Desa Pengkendekan Kecamatan Sabbang Kabupaten Luwu Utara. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September s/d Oktober 2018 dengan jumlah sampel sebanyak 36 orang responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriftif kualitatif dengan menggunakan Skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan peranan kelompok tani dalam usahatani kakao berada pada skor 111,2 dengan persentase 77,22 % sehingga di kategorikan tinggi. sehingga kelompok tani sebagai lembaga petani dapat memberikan kontribusi terhadap usahatani yang dilakukan oleh petani karena telah menjalankan perannya sebagai kelas belajar, media kerjasama, dan unit produksi. Peranan kelompok tani sebagai wahana kelas belajar berada pada skor 116,8 dengan persentase 81,11 % sehingga dikategorikan tinggi; Peranan kelompok tani sebagai media kerjasama berada pada skor 108,2 dengan persentase 75,14 % sehingga dikategorikan tinggi; dan Peranan kelompok tani sebagai unit produksi berada pada skor 108,6 dengan persentase 75,42 sehingga dikategorikan tinggi.

Kata kunci : Peranan, Kelompok Tani, Usahatani Kakao

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Adjid, D. Abdul. 1992. Partisipasi Masyarakat Petani-Nelayan dalam Menciptakan Kemandirian dalam Pembangunan Pertanian. Makalah Seminar dalam Rangka Memperingati Ulang Tahun Ke-5 Perhiptani. Tanggal 1 Desember 1992. Jakarta.

Badan Pendidikan dan Latihan Penyuluh Pertanian. 1990. Gema Penyuluhan Pertanian no. 34 Departemen Pertanian Republik Indonesia, Jakarta.

Deptan. 2007. Pedoman Penumbuhan dan Pengembangan Kelompoktani dan Gabungan Kelompoktani. Jakarta : Deptan.

Kartasapoetra, A.G. 1994. Teknologi Penyuluhan Pertanian. Bumi Aksara, Jakarta.

Nainggolan, Kaman, Mukti,I, Erdiman. 2014. Teknologi Melipatgandakan Produksi Padi Nasional. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Soebiyanto, FX. 1998. Peranan Kelompok dalam Mengembangkan Kemandirian Petani dan Ketangguhan Berusahatani. Disertasi. Bogor : IPB.

Sugiyono. 2004. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : CV. Alfabeta.

Witjaksono. 2012. Peningkatan Kinerja Kelompok Tani Melalui Pengembangan Kewirausahaan di Kecamatan Moyudan Kabupaten Sleman. DIY. PT Raja Grafindo Persada


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.