PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PESISIR PADA USAHA TAMBAK DI KELURAHAN SURUTANGA KECAMATAN WARA TIMUR KOTA PALOPO

Muh. Yusuf Qamaruddin, A. Dahri Adi Patra

Sari


Program kegiatan Kuliah Kerja Nyata – Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di STIE Muhammadiyah Palopo, merupakan program wajib bagi semua mahasiswa yang telah melulusi minimal 100 sks. Hal ini dilakukan sebagai bentuk peran nyata kepada masyarakat dalam dharma pengabdian pada masyarakat.
Tujuan yang akan dicapai dalam program KKN-PPM ini antara lain adalah : Peningkatan kesejahteraan masyarakat pesisir melalui Penyuluhan tentang perbaikan sistem pengelolaan lahan tambak yang baik dan ramah lingkungan.
Target khusus yang ingin dicapai adalah tercapainya peningkatan incame perkapita masyarakat Kelurahan Surutangan Kecamatan Wara Timur Kota Palopo, melalui pengelolaan tambak yang baik dan ramah lingkungan, sehinggan tidak merusak dan merugikan ekosistem yang ada dalam jangka panjang.
Metode yang akan dipakai dalam pencapaian tujuan rencana program kegiatan adalah :
a. Melakukan pendataan awal terhadap kelompok sasaran pemberdayaan;
b. Melakukan pelatihan dan pendampingan tentang pengelolaan tambak yang baik dan ramah lingkungan ;
c. Bentuk pelatihan yang dilakukan adalah pelatihan pengolahan tambak yang baik dan benar dan pelatihan pembuatan pupuk organik yang ramah lingkungan

Kata Kunci : Pemberdayaan, pendapatan,

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Azizy, A. Qodri, 2004, Membangun Fondasi Ekonomi Ummat, Meneropong Prospek Berkembangnya Ekonomi Islam, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Edi Suharto, 2009, Membangun Masyarakat Memberdayakan Masyarakat, Penerbit : Refika Aditama, Bandung.

Hermanto, 2007, Pengelolaan budidaya tambak berwawasan lingkungan, http://ikan mania.Wordpress.com

http://www.slideshare.net/OkyPratamaPutra/partisipasi-petani-bab-2 9 Mei 2013

Qamaruddin, Muh. Yusuf, 2013, Disertasi : “Pengaruh Persepsi Muzakki terhadap Perilaku dan Cara Pengeluaran Zakat serta Kesejahteraan Muzakki di Kota Palopo Provinsi Sulawesi Selatan”, Unair Surabaya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.