STUDI PEMANFAATAN LIMBAH CAIR PROSES PEMASAKAN BLEACHING EARTH SEBAGAI KOAGULAN

Nita Magfirah Ilyas

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh limbah cair pemasakan bleaching earth sebagai koagulan tehadap penurunan kadar COD dan BOD, dalam limbah cair industri rumput laut berdasarkan penambahan volume koagulan dan waktu pengendapan. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses koagulasi-flokulasi yaitu kondisi pH, jenis koagulan dan flokulan, tingkat kekeruhan timbal, waktu pengadukan, dan waktu pengendapan. Hasil penelitian pada proses koagulasi-flokulasi air limbah industri rumput laut dengan penambahan koagulan limbah pemasakan bleaching earth diperoleh kesimpulan yaitu: (1) limbah pemasakan bleaching earth dapat digunakan sebagai koagulan dalam pengolahan industri rumput laut, akan tetapi hasil yang didapat masih kurang maksimal, (2) kondisi terbaik dimana penurunan COD sebesar 51,41% dan BOD sebesar 57% diperoleh pada kondisi pH limbah=6,waktu pengadukan=40 menit,volume koagulan yang ditambahkan 50 ml, (3) berdasarkan baku mutu air limbah industri rumput laut, air hasil pengolahan pada penelitian ini masih kurang layak untuk dibuang ke badan perairan, (4) untuk TSS hasil yang didapatkan sudah memenuhi baku mutu air limbah industri rumput laut.

Kata kunci: limbah cair, rumput laut, koagulan, flokulan

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Widodo,Slamet. 2010. Teknologi Sol Gel pada Pembuatan Nano Kristalin Metal Oksida untuk Aplikasi Sensor Gas. Bandung:PPET-LIPI (Jurnal Ilmiah)

Departemen Kelautan dan Perikanan, “Peluang Usaha Perikanan, 10 Komoditas Unggulan”, Jakarta, 2000.

Eckenfelder Jr, W Wesley, “Industrial Water Pollution Control”. 2nd edition, McGraw Hill. USA, 1989.

Keputusan Gubernur Jawa Timur No. 45, 2002, “Baku Mutu Limbah Cair Bagi Industri atau Kegiatan Usaha Lainnya di Jawa Timur”, Jawa Timur.

LIPI Indonesia, “Pembuatan Rumput Laut”, Jakarta, 2000.

Metcalf & Eddy, 1991, “Wastewater Engineering Treatment Disposal Reuse”, 2nd edition, McGraw Hill, Inc., New York.

Reynolds, Tom D, “Unit Operation And Process in Environmental Engineers”, 2nd edition, Kogakhusa Co, Ltd, McGraw-Hill,Inc, Tokyo, 1967.

http://sistemkoloid.tripod.com/ (diakses pada Minggu, 18 mei 2014, pukul 15 21 wib)

http://kimia.upi.edu/ (diakses pada Minggu, 18 mei 2014, pukul 15.44 wib)

http://id.scribd.com/doc/51058332/PREPARATION-OF-COLLOIDS


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.