Pembentukan Karakter Melalui Aplikasi Sains dan Teknologi Berwawasan Lingkungan (Pemanfaatan Kulit Singkong Sebagai Adsorben ION CR6+ pada Limbah Cair

Hasrianti Hasrianti

Sari


Perkembangan sains dan teknologi didukung oleh pelaksanaan pendidikan yang optimal. Untuk mengatasi berbagai permasalahan lingkungan yang disebabkan oleh kegiatan manusia maka di dunia pendidikan khususnya perguruan tinggi perlu dikembangkan pendidikan yang difokuskan pada pembentukan karakter melalui perkembangan sains dan teknologi berwawasan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode dan faktor yang berpengaruh dalam pemanfaatan kulit singkong sebagai adsorben ion Cr6+ pada limbah cair yang merupakan bentuk aplikasi sains dan teknologi serta mengetahui pentingnya pembentukan karakter sebagai mediator dalam aplikasi sains dan teknologi di masyarakat. Penelitian yang dilaksanakan ini menggunakan metode deskriptif. Hasil analisis memperlihatkan bahwa kapasitas adsorpsi kulit singkong terhadap ion Cr6+ terjadi karena adanya kandungan gugus OH yang dapat mengadsorpsi ion Cr6+. Hubungan antara pembentukan karakter dengan aplikasi sains dan teknologi berwawasan lingkungan dapat terbentuk serta menghasilkan dampak positif apabila didukung oleh peningkatan pendidikan dan pembentukan karakter yang diberikan dalam poses perkuliahan. Pemanfaatan Kulit Singkong sebagai Adsorben Ion Cr6+ pada Limbah Cair adalah salah satu bentuk pengembangan sains dan teknologi yang telah diaplikasikan untuk menyelesaikan masalah lingkungan khususnya pencemaran. Aplikasi pengembangan sains dan teknologi dapat dilakukakan secara optimal jika didukung oleh karakter positif individu yang dimulai diawali dengan pengembangan pendidikan dan pembentukan karakter sebagai mediator pengembangan aplikasi sains dan teknologi

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Agiri, O. G. And Akaranta, O. 2009. Adsorption of Metal Ions by Dye Treated Cassava Mesocarp. (Online). 4(5) 526-530. (http://science direct.com, diakses 29 Maret 2012).

Agus, D. 2013. Peran Sains dan Teknologi dalam Percepatan Pembangunan. Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Universitas Gunadarma.

Darmono. 1995. Logam Dalam Sistem Biologi Makhluk Hidup. Universitas Indonesia, Jakarta.

Hariani, P. L., Nurlisa, H. dan Melly, O. 2009. Penurunan Konsentrasi Cr(IV) Dalam Air Dengan Koagulan FeSO4. Jurnal Penelitian Sains. (Online), 12, 2(C), 12208. (jpsmipaunsri-v12-no2-08-c-puji.pdf, Adobe reader, diakses 8 Maret 2012).

Karthikeyan G Anbalagan K, and Muthulakshmi N. 2004. Adsorption Dynamics and Equilibrium Studies of Zn (II) onto Chitosan. J. Chem. Sci. (Online), 2(116): 119-127(http://science direct.com, diakses 22 Juni 2012).

Nurhasni. Hendrawati. Dan Saniyyah, N. 2009. Penyerapan Ion Logam Cd dan Cr dalam Air Limbah Menggunakan Sekam Padi. Tesis. Unversitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Raka, G. 2006. Guru Transformasional dalam Pembangunan Karakter dan Pembangunan Bangsa, Makalah, Orasi Dosen Berprestasi Tingkat Poltekes dan Tingkat Nasional. Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.