Pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar PPKN Murid Kelas V SDN 53 Sawerigading

Hasnah Hasnah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar PPKn murid SDN 53 Sawerigading. Berdasarkan hasil pengujian hiptesis pada bab tiga di atas di mana hipotesis nihil yang diajukan menyatakan bahwa “tidak ada pengaruh yang positif antara fasilitas belajar dengan prestasi belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) murid kelas V SDN 53 Sawerigading “Ada pengaruh yang positif antara fisilitas belajar dengan prestasi belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) murid kelas V SDN 53 Sawerigading.” Besarnya koefisien korelasi antara kedua variable tersebut di atas yaitu 0.2602 dengan koefisien determinasinya sebesar 6.77%. hal ini berarti bahwa keeratan hubungan antara kedua variable ini adalah rendah yaitu 6.77% dengan kata lain bahwa fasilitas belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) pada murid kelas V SDN 53 Sawerigading. Jadi dengan adanya ketergantungan prestasi belajar bahwa setiap perubahan yang terjadi pada variable (X) akan diikuti oleh perubahan variable (Y) dan selebihnya ditentukan oleh faktor-faktor lain seperti motivasi, konsentrasi, intelegensi di samping itu tempat belajar lingkungan baik di rumah maupun di masyarakat.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Abdullah. Abd. Hafid. 1961. Pengelolaan Kelas FIP IKIP Ujung Pandang

Abdullah. Ambon Enre. 1973. Tingkat Prestasi Belajar Ditinjau Dari Faktor Motif Berprestasi dan Kecendrungan Umum Siswa Kelas III SMA Negeri pada Beberapa Daerah di Sulawesi Selatan. (Disertasi).

Abimayu. Abu. 1979. Teori Belajar dan Implementasinya Dalam Proses Belajar Mengajar. FIP IKIP Ujung Pandang.

Adinegoro. 1983. Ensiklopedi Ilmu Dalam Bahasa Indonesia. Penerbit Bulan Bintang.

Ahmadi. Abu. 1979. Didaktik metodik. Penerbit Bulan Bintang.

Alimuddin. 1987. Pengaruh Fasilitas Belajar dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika pada SMP Sinjai (Skripsi S1) FPMIPA IKIP Ujung Pandang.

Arikunto. Suharsimi. 1989. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Cetakan Keenam Penerbit Bina Aksara. Jakarta.

Habyeb. 1977. Kamus Populer. Cetakan ke 15 Penerbit Centra Jakarta.

Hadi. Sutrisno.1980. Statistic II. Cetakan III. Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM Yogyakarta.

Makkulau. Andi Cs. 1984. Makalah Penataran Penelitian Tingkat Dasar Bagi Tenaga Dosen IKIP Ujung Pandang. Latihan Penelitian IKIP Ujung Pandang.

Orah. TH,J. 1978. Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah FIP IKIP. Ujung Pandang.

ahabuddin, dkk. 1963. Dasar-Dasar Kependidikan. Bagian Penelitian FIP IKIP Ujung Pandang.

Singarimbun. Masri. 1986. Metode Penelitian Survey. LP3IS. Jakarta

Sudjana. 1984. Metode Statistika. Edisi III. Penerbitan Transito. Bandung

Sumidjo. SH. 1989. Bimbingan Belajar Dalam Rangka Penerapan SKS dan Pola Belajar Yang Efisien Penerbit Armico, Bandung.

Surahmad. Winarno. 1975. Dasar dan Teknik Research. Penerbit Tarsito Bandung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.