PENGARUH METAKOGNISI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI SE KABUPATEN BULUKUMBA

Fajriani Fajriani, Nurdahniar Nurdahniar

Sari


Pengaruh Metakognisi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri se Kabupaten Bulukumba. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah faktor internal dan faktor eksternal. Salah satu faktor internal yang berpengaruh pada hasil belajar siswa adalah Metakognisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan seberapa besar pengaruh metakognisi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri se Kabupaten Bulukumba. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat kausalitas. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri se Kabupaten Bulukumba tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 3300 dengan jumlah sampel 463. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Proporsional Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Skala metakognisi, (2) Tes hasil belajar matematika. Data dianalisis dengan statistika deskriptif dan analisis inferensial menggunakan analisis regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sebagian besar siswa Kelas X SMA Negeri se Kabupaten Bulukumba memiliki metakognisi yang berada pada kategori tinggi, (2) Metakognisi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika.

Kata kunci : metakognisi, hasil belajar matematika

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Dixit, Mahesh Narayan . 2011. Readiness towards the Use of Metacognition and its Relationship with Academic of Higher Secondary Students . Jurnal

Driana, Elin. 2012. Gawat Darurat Pendidikan http://nasional.kompas.com/read/2012/12/14/02344589/about.html. Diakses tanggal 11 Maret 2013.

Gul, Fariha and Shehzad, Shumaila. 2012. Relationship Between Metacognition, Goal Orientation, and Academic Achievement. Jurnal

Ilhamsyah. 2012. Pengaruh Efikasi Diri, Metakognisi, dan Regulasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa kelas X SMA Negeri di Kabupaten Wajo. Tesis. Tidak diterbitkan. Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Skor PISA. http://www.kopertis12.or.id/2013/12/05/skor-pisa-posisi-indonesia-nyaris-jadi-juru-kunci.html. Diakses tanggal 11 Maret 2013

Kuntjojo dan Matulessy, Andik. 2012. Hubungan Antara Metakognisi dan Motivasi Berprestasi dengan Kreativitas. Jurnal Psikologi

Mulbar, Usman. Metakognisi Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. http//www.usmanmulbar.files.wordpress.com. Diakses tanggal 5 Desember 2013.

Rahman & Phillips J A. 2006. Hubungan Antara Kesadaran Metakognisi, Motivasi dan Pencapaian Akademik Pelajar Universiti. Jurnal Pendidikan

Suciati, Indah. 2013. Pengaruh SosioEmosi dan Perkembangan Moral Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri di Kota Palu. Tesis. Tidak diterbitkan

Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosadakarya.

Young, Andria and Fry, Jane D. 2008. Metacognitive awareness and academic achievement in college students. Jurnal


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.