EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN KOMBINASI PENDEKATAN SAINTIFIK DAN PROBLEM POSING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Sari
Kata kunci : Problem Based Learning, Pendekatan Saintifik. Pendekatan Problem Posing
Teks Lengkap:
Tidak berjudulReferensi
Abdullah Sani, Ridwan 2014. Pembelajaran saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Abdusakkir. 2009. Pengertian Posing, (Online), (http://abdusakir.wordpress.com/2009/02/13/pembelajaran-matematika-dengan-problem-posing/, diakses 10 Januari 2011).
Anita. 2005. Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematika Melalui Pendekatan Problem Posing Siswa Kelas Ia SMP Khadijah Makassar. Makassar. Skripsi
Ardin. 2012. Efektivitas pembelajaran matematika realistik setting kooperatif tipe NHT dapat menjadi solusi dari permasalahan dalam pembelajaran matematika di kelas X SMAN 1 Kulisusu.
Baldwin, A.L. 1967. Theories of Child Development. New York: John Wiley & Sons.
Carin, A.A. & Sund, R.B. 1975. Teaching Science trough Discovery, 3rd Ed. Columbus: Charles E. Merrill Publishing Company.
Era Waluyo dan Mintohari. 2013. Penerapan Pendekatan Problem Posing (Pengajuan Masalah) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Online Universitas Negeri Surabaya http://www.scribd.com/doc/147271103/PENERAPAN-PENDEKATAN-PROBLEM-POSING-PENGAJUAN-MASALAH-UNTUK-MENINGKATKAN-KEMAMPUAN-BERPIKIR-KREATIF-PADA-SISWA-SEKOLAH-DASAR#scribd
Hudoyo, Herman. 1990. Strategi Belajar Mengajar Matematika. IKIP Malang, Malang.
Ismail. 1998. Kapita Salekta Pembelajaran Matematika. Jakarta : Universitas Terbuka.
Muhfida. 2010. Pelaksanaan Pendekatan Problem Posing (Online). (http://blog.muhfida.com/pelaksanaan-pendekatan-problem-posing, diakses 10 Januari 2011).
Nur, M. & Wikandari, P.R. 2000. Pengajaran Berpusat Kepada Siswa Dan Pendekatan Konstruktivis Dalam Pengajaran. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya University Press.
Redhana, I Wayan, 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Peta Argumen Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Topik Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 43(17),141-148.
Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Sugiyono, 2011 Metode Penenlitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sutisna. 2010. Pengertian Problem Posing, (Online), (http://sutisna.com/artikel/kependidikan/pengertian-problem-posing/, diakses 10 Januari 2011).
Tim Penyusun Kamus. 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia Jilid II. Jakarta : Balai Pustaka.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Upu, Hamzah. 2003. Problem Posing dan Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Pustaka Ramadhan
Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
. 2014. Pendekatan dan Strategi Pembelajaran (Online) (https://pengawasmadrasah.files.wordpress.com/2013/11/10-pendekatan-saintifik.pdf, diakses 15 Desember 2014)
. 2003. Undang-undang Sisdiknas (Online) (http://www.telkomuniversity.ac.id/images/uploads/UU_No._20_Tahun_2003_Sistem_Pendidikan_Nasional.pdf, diakses 15 Desember 2014)
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.