PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DALAM MENGOPTIMALKAN KOMPETENSI SISWA

Sulastri Nas

Sari


Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika dalam mengoptimalkan kompetensi siswa. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh siswa kelas VII yang ada pada SMP YPS Soroako. Dalam penelitian ini sampelnya adalah seluruh siswa kelas VIIC karena siswa dalam kelas tersebut heterogen. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Metode penelitian menunjukkan kepada perlakuan variabel bebas X (motivasi belajar siswa) telah terjadi sebelumnya sehingga penelitian tidak perlu memberikan perlakuan lagi, tinggal melihat efeknya pada variabel terikat Y (hasil belajar siswa). Aspek motivasi antara lain terdiri dari citacita/ aspirasi, kemampuan siswa, kondisi jasmani dan rohani siswa, kondisi lingkungan kelas, unsur-unsur dinamis dalam belajar dan upaya guru dalam membelajarkan siswa. Aspek kompetensi siswa (1) Ranah kogitif berkaitan dengan hasil belajar intelektual yang terdiri dari enam aspek yakni pengetahuan, pamahaman, aplikasi, analisis, sintesis dan evaluasi (2) Ranah afektif berkaitan dengan sikap dari 5 aspek yakni penerimaan, tanggapan, penelitian, dan organisasi (3) Ranah Psikomotor berkaitan dengan keterampilan dan kemampuan bertindak secara umum meliputi gerakan seluruh badan dan kemampuan dalam berbicara. Hasil belajar tersebut selalu berhubungan satu sama lain.

Kata kunci: Motivasi, Belajar, Kompetensi siswa

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Ali, Mohammad. 1984. Penelitian Kependidikan Prosedur Dan Strategi. Bandung: Angkasa.

Anni, Chatarina Tri. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.

Badruddin, Syamsiah., & Muhammad Ilyas. 2008. Belajar dan Pembelajaran, Sengkang:Lampena Intimedia.

B.S., Ahmad. 2013. Komparasi Keaktifan, Motivasi dan Hasil Belajar

Matematika dalam Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan

Tipe snowball Trhowing (online).

http://www.slideshare.net/abdulmajid507/draf-proposal-tesis-ahmad-budi diakses tanggal 4 November 2015.

Ilham. 2010. Kamus Bahasa Indonesia. Surabaya: Mitra Jaya.

Nashar, Drs. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan awal dalam kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Rahmadonna, Sisca. 2010. Penerapan Pembelajaran Kontesktual Pada Mata

Pelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SMA

ISLAM GAMPING (online).

staff.uny.ac.id/sites/.../Sisca%20Rahmadonna..../kONTEKSTUAL.pdf Diakses tanggal 4 november 2015.

Sardiman, A.M. 1986. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.

Jakarta:PT.Rajagrafindo Persada.

Setyowati, 2007. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 13 Semarang (online). http://lib.unnes.ac.id/1088/1/2668.pdf diakses tanggal 4 November 2015.

Sudjana, Nana. 1996. Dasar-dasar Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.