PENGARUH METODE RECOLLECTION SMART TEACHING (RST) TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA MELALUI LESSON STUDY

Titik Pitriani Muslimin

Sari


Hasil belajar sebagai output dari proses pembelajaran dipengaruhi oleh berbagai faktor baik eksternal maupun internal, salah satunya yaitu faktor minat belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode RST terhadap minat belajar mahasiswa yang akan berdampak positif pada hasil belajarnya. Adapun penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (Eksperiment Research). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIIa mahasiswa prodi pendidikan matematika UNCP, yang berjumlah 30 orang. Dalam penelitian ini ada dua variabel yang digunakan yaitu penerapan metode RST sebagai variabel bebas sedangkan minat belajar sebagai variable terikat. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan instrumen penelitian berupa angket minat belajar. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata minat belajar pada pretest sebesar 47,06 sedangkan pada postest, nilai rata-rata minat belajar meningkat menjadi 61,73, dan nilai statistik Gain sebesar 0,44. Selanjutnya berdasarkan klasifikasi Gain ternormalisasi tampak bahwa minat belajar mahasiswa yang diajar menggunakan metode RST sebagian besar berada dalam kategori sedang yaitu sebanyak 22 orang.

Key words: metode Recollection Smart Teaching, minat belajar

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Darmanto (2012). Alam Bawah Sadar Manusia.Jakarta: Tugu Publisher.

Djaali. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Hidi, S. 1990. Interest and Its Contribution as a Mental Resource For Learning. Review of Educational Research, 90 (4), 111-127.

Hidi, S., Harackiewicz, J. M. 2000. Motivating The Academically Unmotivated: A Critical Issues for The 21st Century. Review of Educational Research, 70 (2), 151-179.

Hidi, S. , Renninger, K.A. , & Krapp, A. 2004. Interest, a Motivational Variable that Combines Affective and Cognitive Functioning, in Dai, D.Y. and Sternberg, R.J. , eds., Motivation, emotion, and cognition: Integrative perspectives on intellectual functioning and development: Mahwah, NJ, Lawrence Erlbaum Associates Publishers, pp. 89–115

Suseno Muchlas (2012). Power of Words: Seni Memotivasi Diri dan Orang Lain. Depok: Penerbit PT. Komodo books

Webe, Agung (2012). Smart Teaching: 5 Metode Efektif Lejitkan Prestasi Anak Didik. Yogyakarta: Penerbit Jogja bangkit Publisher.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.