PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS

Murniati Murniati

Sari


Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan tahapantahapan pelaksanaan yang meliputi 4 tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika murid Kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Palopo melalui Model Pembelajaran Reciprocal Teacing. Penelitian ini rencana akan dilaksanakan pada bulan Mei – Juni 2014 pada Kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Palopo. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh murid Kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Palopo yang akfif selama tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah murid sebanyak 35 orang yang terdiri dari 20 laki-laki dan 15 perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes hasil belajar. Adapun hasil penelitian yang dilaksanakan selama dua siklus ini dapat diidentifikasikan skor rata-rata hasil belajar matematika murid kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Palopo pada akhir siklus I sebesar 71,63 dari skor ideal yang mungkin dicapai murid yaitu 100,00 dengan standar deviasi 17,08 dan berada pada kategori tinggi. Sedangkan pada akhir siklus II, skor rata-rata hasil belajar matematika murid sebesar 80,84 dari skor ideal yang mungkin dicapai murid yaitu 100,00 dengan standar deviasi 13,84 dan berada pada kategori tinggi. terjadi peningkatan frekuensi kesungguhan murid (perhatian murid dalam mengikuti pelajaran dan mengerjakan pekerjaan rumah) serta keaktifan murid (bertanya pada saat pembelajaran berlangsung dan mengerjakan soal di kelas) dalam proses belajar mengajar sesuai dengan hasil observasi selama tindakan dilaksanakan maupun dari hasil refleksi murid.

Kata Kunci : Reciprocal Teaching, Teorema Phytagoras, Hasil Belajar

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Anaruddin dkk. 2010. Pengembangan Pembelajaran Matematika SMP . Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

ASMP ar. 2002. Pembelajaran dalam upaya membantumengatasi kesulitan siswa menyelesaikan soal perkalian bentuk cerita di kelas III SMP N melalui metode snowball trowing Sumbersari IV kota Malang. Tesis. Malang: Unifersitas Negeri Malang program pasca sarjana jurusan pendidikan matematika SMP .

Cristou, C & Philipou, G. 1998. The Developmental Natural of Ability to Solve One-Step Word Problems. Journal For research in Mathemathics Education, 29 (4): 436-442

Depdikbud. 1992. Pendidikan Matematika 3. Jakarta: Depdikbud Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Tinggi.

Depdiknas. Kurikulum tingkat satuan pendidikan ( KTSP ). 2006. Mata pelajaran matematika untuk tingkat SMP /MI. Jakarta: Depdiknas.

Gagne. 1999. Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Unesa

University

Hamalik. 1994. Diagnosis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal cerita di Kelas V SMP N Percobaan Surabaya. Tesis. Malang: PPS IKIP Malang.

Herman, Hudoyao 2003. Model Pembelajaran Segiempat dengan Pembelajaran Realistak Pada Siswa Kelas II SLTP Negeri 3 Batu. Tesis. Malang: Universitas Negeri Malang

Hudoyo.1990. Konsep Matematika dan Aplikasinya.Jakarta: CV. Usaha Makmur Press.

Lewin. 1998. Mathemathics As An Education Reidel Publising, Dordrecht.

Muhkal, 1998. Problem Solving a basic mathematics goaal. Ohio Colombus: Ohio Departemen Of Education Colombus.

Slavin, 1986. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suharsimi Arikunto. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja RuSMP akarya. Sudjana. 2010. Evaluasi Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.