PEDAGOGICAL CONTEN KNOWLEDGE: PENGETAHUAN GURU TENTANG SISWA DALAM MENGATASI MISKONSEPSI PADA MATERI LIMIT FUNGSI ALJABAR

Ma'rufi Ma'rufi

Sari


Guru merupakan salah satu aspek penentu pencapaian prestasi belajar siswa. Guru hemdaknya menguasai konten materi yang akan diajarkan, cara mengajarkannya, dan mampu menginterpretasi pemikiran siswa sehingga siswa dengan mudah memahami materi pembelajaran. Setiap materi matematika memiliki karakteristik tersendiri sehingga perlu pengetahuan khusus bagi guru agar dapat sukses dalam mengajarkan suatu topik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Tujuan dari artikel ini adalah mendeskripsikan pengetahuan guru pemula tentang siswa dalam mengatasi miskonsepsi siswa yang merupakan salah satu bagian dari penelitian tentang Pedagogical Conten Knowledge (PCK) guru matematika SMA pada materi limit fungsi aljabar. Subjek penelitian ini adalah dua guru matematika SMA yang memiliki pengalaman mengajar yang berbeda yaitu satu guru pemula dan satu guru berpengalaman. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Pedagogical Conten Knowledge (PCK) atau pengetahuan konten dan pedagogik didefinisikan sebagai pemahaman guru yang melibatkan keterkaitan antara pengetahuan materi ajar, cara mentransfer materi, dan pengetahuan tentang siswa dalam pembelajaran matematika pada materi limit fungsi aljabar agar materi pembelajaran dapat dimengerti oleh siswa. Komponen PCK dalam penelitian ini adalah pengetahuan konten materi, pengetahuan pedagogik dan pengetahuan tentang siswa. Pengetahuan guru tentang siswa atau Knowledge of Student didefinisikan sebagai pengetahuan guru tentang konsepsi dan miskonsepsi siswa pada materi limit fungsi aljabar yang meliputi pengetahuan guru tentang adanya kesalahan dan miskonsepsi siswa, penyebab kesalahan dan miskonsepsi siswa, dan cara mengatasi kesalahan dan miskonsepsi siswa pada materi limit fungsi aljabar. Penelitian ini menunjukkan bahwa guru pemula mengatasi miskonsepsi siswa pada materi limit fungsi aljabar dengan cara menjelaskan kembali prosedur penyelesaian soal dengan benar dan memberikan contoh soal yang serupa.

Kata kunci: Pedagogical Conten Knowledge, Konsepsi, Miskonsepsi, Limit Fungsi Aljabar, Guru Pemula

Referensi


An, S., Kulm, G., & Wu, Z. 2004. The Pedagogical Content Knowledge of Midle School,Mathematics Teacher in China and The USA. Journal of Mathematics Teachers Education 7: 145-172

Baker, M & Chick, H. 2006. Pedagogical Content Knowledge for Teching Premary mathematics: A case study of two teachers.

Ball, D. L., & Bass, H. 2000. Interweaving content and pedagogy in teaching and learning to teach: Knowing and using mathematics. In J. Boaler (Ed.), Multiple perspectives on mathematics teaching and learning (pp. 83–104). Westport, UK: Ablex

Ball, D. L., Thames, M. H., & Phelps, G. 2008. Content Knowledge for Teaching: What makes it special? Journal of Teacher Education 59(5), 389-407.

Fennema, E. & Franke, M.L. 1992. Teachers knowledge and its impact. In D.A. Grouws (Ed.), Handbook of mathematics teaching and learning (pp. 147–164). New York: Macmillan Publishing Company.

Isiskal, M. & Cakirogu, E. 2011. The nature of Prospective Mathematics

Teachers’ Pedagogical Content Knowledge: The Case of Multiplication of Fraction. Journal Math Teacher Education. 14(3). Hal. 213-230.

Kilic, Hulya. 2011. Preservice Secondary Mathematics Teachers’ Knowledge of Students. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, April 2011, 2(2).

Lee, Joohi, 2010. Exploring Kindergarten Teachers’ Pedagogical Content Knowledge of Mathematics: Department of Curriculum and Instruction-EC4, College of Education and Health Profesional, University of Texas at Arlington, Science Hall.

Lucariello, Juan. 2004. How Do I Get. My Students Their Alternative Conception (Misconception) for Learning. City University of New York.

Ma, Liping, 1999. Knowing and Teaching Elementary Mathematics:Teachers’ Understanding of Fundamental Mathematics in China and the United States. New York: Routledge.

Moore, Gordon March, 2006. Mathematical Misconceptions in Schooll Children. Identification Impact and Remediation with a Computer Based Assesment System Master’s Dissertation.

Novak & Gowin. 1984. Learning How to Learn. New York: Cambridge University Press

Richland, Lindsey E., Holyoak, Keith J., and Stigler, James W. 2004. Analogy Use in Eighth-Grade Mathematics Classrooms. Cognition and Instruction, 22(1), 37–60

Shulman, L. S. 1986. Those who understand: Knowledge growth in teaching. Educational Researcher, 15(2), 4 – 14.

Shulman, L. S. 1987. Knowledge and Teaching: Foundations of the New Reform. Harvard Educational Review, 57(1), 4 – 14.

Soedjadi, 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Tanisli, D & Kose, N.Y. 2013. Pre-Service mathematics Teachers’ Knowledge of Students about the Algebratic Concepts. Australian Journal of Teacher Education, 38 (2).

Yeo, K.K.J. 2008. Teaching Area and Perimeter Mathematics-Pedagogical Content Knowledge in Action. In M. R, Brown & K. Maker (Eds). Procceding of the 31th Annual Conference of the Mathematics Education Research Group Australia. Merga, 621-627

Zevenbergen, Dole,Wright. 2004. Teaching Mathematics in primary Schools. Sydney: Allen & Unwin.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.