EFEKTIVITAS METODE THE LEARNING CELL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 SUNGGUMINASA KABUPATEN GOWA
Sari
sedang. (3) Rata-rata persentase frekuensi aktivitas siswa untuk setiap indikator mencapai kriteria efektif, yaitu 82,46%. (3) Kemampuan guru mengelola pembelajaran matematika melalui metode The Learning Cell mencapai skala penilaian 3,57 dan berada pada sangat aktif. (4) Angket respons siswa menunjukkan bahwa respons siswa terhadap metode The Learning Cell positif yaitu 84,52%. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa metode The Learning Cell efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa.
Kata Kunci : Efektifitas, Learning Cell, Matematika
Teks Lengkap:
Tidak berjudulReferensi
Emzir.2012. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Haling, A. dkk. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Huda, Miftahul. 2014. Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarata: Pustaka Pelajar.
Hudojo, Herman. 2001. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.
Nuharini, Dewi. 2008. Matematika Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: pusat perbukuan departemen pendidikan nasional
Rusman, 2013.Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Suherman, Herman., dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar.
Tim Penyusun KBBI. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia (edisi krtiga). Jakarta: Balai Pustaka.
Trianto, 2009.Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Trianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi
Kontruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka.
Uno, Hamzah B., 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Zaini, H., Munthe, B., dan Aryanti, S. A., 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Institut Islam Negeri Sunah Kalijaga.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.