PENERAPAN STRATEGI POWER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS XI SMK NASIONAL MAKASSAR

Sri Yulianti Ardiningtyas, Agustinus Ngago

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan strategi POWER dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif menggunakan bahasa Inggris. Populasi dari penelitian ini adalah siswa siswa kelas XI SMK Nasional Makassar yang mana diambil 50 siswa untuk dijadikan sampel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi-eksperimental dengan dua grup pre-test dan post-test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan strategi POWER dapat meningkatkan kemampuan siswa siswa dalam menulis teks deskriptif. Berdasarkan hasil analisis terhadap data siswa ditemukan bahwa nilai ttest adalah 3,40 dan ttable adalah 2,010. Hal itu berarti bahwa nilai ttest lebih besar daripada ttable dimana 3.40 ˃ 2.010 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi POWER efektif dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif.
Kata Kunci: strategi POWER, kemampuan menulis, teks deskriptif.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Aisyah, Andi. 2013. Improving Writing Ability Through Galore Group Learning Model of The Second Year Students At SMA Tamalate Makassar. A thesis STKIP-YPUP.

Alawi, Fikri Fauzi. 2011. Improving Students’ Ability in Writing Descriptive Text Using Clustering Technique. Jakarta: UIN Syrif Hidayatullah.

Alderson, J. Charles & Lile F. Bachman. 2002. Assessing Writing. Cambridge: Cambridge University press.

Baken, Jeffrey P. & Craig K. Whedon. 2003.Learning Disabilities. Pittshburg: LDA.

Gay, L.R, Geoffrey E. Mills & Peter Airasian.2012. Education Research Competencies for Analysis and Application. Columbus: Bell and Howell Company.

Harmer, Jeremy. 2007. How to Teach Writing. London: Longman.

Hogue, Ann. 2008. First Steps in Academic Writing. London: Longman

Kuntjojo. 2009. Metodologi Penelitian. Kediri.

Kurnawan, Awan. 2015. Using Scamper Technique to Increase Writing Ability at Second Grade Students of SMPN 33 Bulukumba. A thesis STKIP-YPUP.

Land, Sue. 2002. Writing with POWER. William and Mary of education. From: http://education.wm.edu/centers/ttac/resources/articles/teachtechnique/writewpower/index.php. Retrieved on March, 31, 2017.

Nawawi, Muhammad Bagus. 2011. Improving Students’ Writing of Descriptive Text Trough Guided Questions. Jakarta : UIN syarif Hidayatullah.

NSW. 2007. Writing and Spelling strategies. Australia: NSW University.

Okasha, Mohamed. 2014. Using Strategic Writing Techniques for Promoting EFL Writing Skill and Attitudes. Jasan: Jasan University

Oshima, Alice and Ann Hogue.1997. Introduction to Academic Writing. London: Longman.

Pantul, Herminus. 2011. Improving Writing Ability of The Second Year Students of SMK Saribuana Makassar Trough Spider Web Method. A thesis STKIP-YPUP.

Peng, Gao. 2001. On The Effectiveness of The Writing Strategies in Promoting 13-15 Years old Chinese ESL Learners’ Writing Ability. Sweden: Kristianstad University.

Ur, Penny. 1996. A Course In Language Teaching. Britain: Cambridge University.

Wello, M. B, Hafsah Amien & J. Nur. 1999. An Introduction to English For Specific Purposes. Ujung Pandang: C. V. Sunu Baraya.

Winant, Mellisa.2014. P.O.W.E.R. Writing Strategy. From: https://prezi.com/hvummxvz_cgg/power-writing-strategy/. Retrieved on March, 30, 2017.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.