EFEKTIVITAS PEMANFAATAN LABORATORIUM IPA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA YAPIS MANOKWARI

Gilang Cempaka, Mujasam Mujasam, Sri Wahyu Widyaningsih, Irfan Yusuf

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas pemanfaatan fungsi dan alat laboratorium IPA dalam pembelajaran fisika di SMA YAPIS Manokwari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Jenis penelitian kualitatif merupakan penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, karena dapat mengukur dan mendeskripsikan efektivitas pemanfataan fungsi dan alat laboratorium IPA dalam pembelajaran fisika. Terdapat tiga tahap prosedur penelitian, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan akhir. Pengumpulan data melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Prosedur analisis data menggunakan model Rasch serta model Miles dan Huberman. Hasil analisis instrumen, angket peserta didik dan guru reliabilitasnya baik, dimana nilai reliabilitas berada di rentang nilai 0,80-0,90. Setelah analisis validasi uji coba, angket guru dan peserta didik valid secara konstruk dan konten. Berdasarkan indikator dari aspek pemanfaatan fungsi dan alat laboratorium IPA, antara lain memperkuat pemahaman peserta didik, menumbuhkan sikap ilmiah peserta didik, melatih keterampilan peserta didik, rasional pemanfaatan alat laboratorium IPA, dan prosedur pelaksanaan penggunaan alat laboratorium IPA, hasil penelitian efektivitas pemanfaatan fungsi dan alat laboratorium IPA di SMA YAPIS Manokwari telah dimanfaatkan secara efektif.
Kata Kunci : Efektivitas, Laboratorium IPA, Pembelajaran Fisika

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Departemen Pendidikan Nasional. Pengembangan Silabus Berbasis Kompetensi Berorientasi Kecakapan Hidup. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, 2003.

Sumintono B, Widhiarso W. Aplikasi Pemodelan Rasch pada Assessment Pendidikan. Edisi. Cimahi: Trim Komunikata Publishing House, 2015.

Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Rizka Maratush Sholihah. “Efektivitas Pemanfaatan Laboratorium dalam Pembelajaran Kimia di SMA Negeri Se-Kota Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013.” Skripsi, UIN Sunan Kalijaga, 2013.

Chrisma Fauzul Mahfudiani. “Efektivitas Pemanfaatan Laboratorium IPA di SMA Negeri Se-Kabupaten Sleman.” Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, 2015.

Decaprio, Richard. Tips Mengelola Laboratorium Sekolah. Yogyakarta: Diva Press, 2013.

Wahyunidar. “Analisis Pemanfaatan Laboratorium Fisika Sebagai Sarana Kegiatan Praktikum di SMA Negeri Se-Kabupaten Luwu Timur.” Skripsi, UIN Alaudin, 2017.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.