PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA

Jumarniati Jumarniati, Shindy Ekawati

Sari


Jenis penelitian ini adalah Jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan uji coba terbatas yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Datar untuk meningkatkan aktivitas siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah produk yaitu perangkat pembelajaran dengan Model Kooperatif tipe Jigsaw pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi datar untuk meningkatkan aktivitas siswa. Prosedur pengembangan yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah model Thiagarajan atau model 4-D Thiagarajan yang selanjutnya dimodifikasi oleh peneliti menjadi 3-D, yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan) dan Development (pengembangan). Hasil penelitian ini adalah (1) perangkat pembelajaran yang valid dan layak, (2) efektif dan (3) meningkatkan aktivitas siswa.
Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Aktivitas Siswa

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Driana, E 2013.Menyikapi Hasil PISA 2012. Tulisan dipublikasikan Pada Koran Kompas. Jakarta

Ennis, R.H 1996. Critical Thinking, United States of America: Prentice Hall.

Fisher, A. 2007. Berpikir Kritis. Cambridge University Press

Hassoubah, Z.I 2004. Developing creative and critical thinking skills, cara berpikir kreatif dan kritis. Bandung: Penerbit Nuansa.

Langrehr, J. 2011. New Methods for teaching and testing inventive, inquisitive, and judgmental thinking. Malaysia: Journal International Confrence of Teaching and learning

Nanang, Hanafiah, dkk. 2012. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Aditama.

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning: Teori Dan Aplikasi Paikem.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widoyoko, E.P., 2009 Evaluasi program pembelajaran panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik. Yokyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.