KO ASSENG, KO MACCA STRATEGI WAKIL KEPALA SEKOLAH URUSAN KURIKULUM SMK NEGERI 1 WATUNOHU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN

Jumriani Jumriani

Sari


Penulisan Best Practice ini berisikan upaya yang dilakukan Wakil Kepala Sekolah SMKN 1 Watunohu dalam memotivasi dan meningkatkan kemampuan guru di SMKN 1 Watunohu Kabupaten Kolaka Utara dalam menyusun perangakat pembelajaran. Penulisan Best Practice terdiri dari bagian isi yang menguraikan (a) Pendahuluan menjelaskan latar belakang tugas dan fungsi guru sebagai ujung tombak pendidikan yang harus kreatif dan inovatif terutama dalam mengimplementasikan kurikulum 2013, pendekatan pemecahan masalah, tujuan, dan manfaat (b) Bab Langkah pemecahan masalah menguraikan tahap operasional strategi, hambatan dan solusi, alat dan instrument, tempat dan waktu kegiatan, serta lembaga yang menunjang kegiatan (c) Hasil yang dicapai Jumlah nilai hasil supervise meningkat dari sebelum pelatihan dan sesudah sebelum : administrative 62 %, pelaksanaan 65 %, penilaian 67 %. Sesudah pelaksanaan tindak lanjut maka nilai guru SMKN 1 Watunohu Meningkat menjadi administrative 75 %, pelaksanaan 73 %, penilaian 75.
Kunci: kemampuan membuat perangkat pembelajaran, supervise akademik.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Penerbit Insan Madani. Jogjakarta.

Mulyasa , H.E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Penerbit PT Remaja Rosdakarya. Bandung

Shoimin Aris, 2013. Excelent Teacher. Meningkatkan Profesionalisme Guru Pasca Sertifikasi. Penerbit Dahara Prize. Semarang

Suyanto dan Asep Jihad, 2013. Menjadi Guru Prodesional. Strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Penerbit Erlangga. Jakarta

Kemendikbud. Data guru menurut Golongan. Online. (http://tunas63.wordpress.com/2010/01/30/data-nasional-2009-jumlah-guru-menurut-golongan/). Diakses tanggal 19 Juli 2014.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.