PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIIID SMPN 2 BURAU

Maryana Maryana

Sari


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa Kelas VIIID SMP Negeri 2 Burau dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Hipotesis tindakan ini adalah jika model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw diterapkan dalam pembelajaran matematika siswa SMPN 2 Burau maka hasil belajar siswa dapat meningkat. Subjek Penelitian adalah siswa kelas VIIID SMP Negeri 2 Burau yang berjumlah 32 orang, terdiri dari 18 orang perempuan dan 14 orang laki-laki. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini berupa tes tertulis dan lembar observasi. Data hasil belajar dianalisis secara kuantitatif dan data hasil observasi (pengamatan) siswa dan guru dianalisis secara kualitatif adalah sebagai berikut: Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar matematika adalah 60,3 dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata hasil belajarnya adalah 77,2 sikap siswa turut meningkat dengan melihat hasil observasi menghargai kerja sama dengan teman dalam mengikuti kegiatan dan mengemukakan pendapat pada saat proses belajar mengajar. Dari hasil penelitian, secara umum dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas VIIID SMPN 2 Burau terhadap hasil belajar matematika mengalami peningkatan
Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Arikunto Suharsini 2002. Prosedur Penelitian suatu pendekatan Praktik. Jakarta.Reneka Cipta.

Arikunto Suharsini 2007. Evaluasi Bumi Aksara. Jakarta. Bumi Aksara.

Anita Lie. 2002. Cooperative Learning. Memperaktikkan Cooperative Learning di ruang – ruang kelas. Jakarta. PT. Gasindo.

Depdiknas 2003. Penilaian dan Pengujian untuk Guru SLTP. Jakarta. Dirjen Dikdasmen.

Depdiknas, 2004. Materi Pelatihan Terintegrasi. Jakarta. Direktorat pendidikan lanjutan Pertama.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta.Rineka Cipta

Dody, Hermana. 2008. Classroom Action Research. Jakarta. PT. Gasindo.

Fatimah, Siti dkk. Model-model Pembelajaran. Palembang. Unsri.

Ibrahim, H. Muslimin 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya. University Press.

Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta

Subroto, B. Sunaryo. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. 2002. Rineka Cipta.

Sagala, H. Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung Alfabeta.

Yamin, H.Maryinis. Profesionalisme Guru dan Implementasi KTSP. Cipayung.Gaung Persada Pers.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.