PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED TEACHING DENGAN SETTING COOPERATIVE LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI RESPON SISWA KELAS VII SMPN 32 MAKASSAR

Nirfayanti Nirfayanti, Juliana Juliana

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan prestasi belajar matematika ditinjau dari respon siswa kelas VII SMPN 32 Makassar melalui pendekatan pembelajaran accelerated teaching dengan setting cooperative learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.C SMPN 32 Makassar yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, angket, kuis dan tes. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Proses pembelajaran dengan pendekatan accelerated teaching dengan setting cooperative learning dapat meningkatkan prestasi belajar matematika ditinjau dari respon siswa kelas VII.C SMPN 32 Makassar. Berdasarkan hasil angket kemandirian belajar siswa, rata-rata persentase skor angket pada siklus I adalah 59,2% dalam kategori cukup, rata-rata skor angket pada siklus II adalah 75,65% dalam kategori baik. Peningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 32 Makassar dapat dilihat dari peningkatan rata-rata nilai pada tes siklus I dan tes siklus II berturut-turut 7,31 dan 8,54.
Kata Kunci: Accelerated teaching, Cooperative learning, Kuis, Kemandirian belajar, Prestasi belajar

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Baltimore Curiciulum Project. 2009. Direct Instruction & Open Court Fact Sheet. [online]. Diunduh dari www.baltimorecp.org pada tanggal 28 Maret 2016.

Lie, Anita. 2004. Cooperative Learning Mempraktikkan Learning di Ruang Ruang Kelas. Jakarta : PT Grasindo Widia Sarana Indonesia.

Sukardi. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Suparno, Paul. 2001. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Jogyakarta: Kanisius.

Syah, Muhibbin, 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Tambunan, Siti Marliah. 2006. Hubungan Antara Kemampuan Spasial Dengan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Makara, Sosial Humaniora, Vol. 10, No. 1, hal 27 – 32. Diunduh dari http://journal.ui.ac.id tanggal 28 Januari 2016.

Tu'u, Tulus, 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Gramedia Widiasarana.

Wina Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.