PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA SDN 1 LALEBBATA KELAS VB KECAMATAN WARA KOTA PALOPO

Nurjannah Nurjannah

Sari


Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan keterampilan menulis puisi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas Vb SDN 1 Lalebbata Kecamatan Wara Kota Palopo Tahun Pelajaran 2016/2017. Adapun jumlahnya 33 orang siswa dalam satu kelas. Teknik pengumpulan data dengan observasi, pemberian tes, dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan penelitian keterampilan menulis puisi pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas Vb SDN 1 Lalebbata Kecamatan Wara Kota Palopo setelah penerapan model pembelajaran pendekatan kontekstual pada siklus I dengan rata-rata 71,82 meningkat pada siklus II dengan skor rata-rata 80,15 berarti mengalami peningkatan sebesar 8,33. Dengan ketuntasan pada Siklus II 84,85% mengalami peningkatan 39,4% dari Siklus I 45,45%. Hasil analisis data disimpulkan bahwa rata-rata keterampilan menulis puisi siswa kelas Vb SDN 1 Lalebbata Kecamatan Wara Kota Palopo setelah belajar menulis puisi melalui penerapan pendekatan kontekstual mengalami peningkatan. Hal ini berarti indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya yaitu “daya serap terhadap bahan pengajaran yang diajarkan mencapai prestasi tinggi, baik secara individual maupun kelompok. Hal ini dapat dilihat apabila rata-rata nilai test keterampilan menulis puisi mengalami peningkatan. Nilai belajar siswa dikategorikan baik apabila telah mencapai nilai 75-84”. Dengan melihat rata-rata nilai yang diperoleh siswa berarti tindakan yang diberikan berhasil. Selain itu pada tes akhir siklus, siswa dinyatakan tuntas dengan standar KKM yang ditetapkan sebesar 75.
Kata Kunci: Pendekatan Kontekstual, Keterampilan Menulis Puisi, Penerapan

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Ary Ginanjar A. 2001. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual, ESQ, Jakarta: Penerbit Arga. Depdiknas (2003). Kurikulum 2004.

Arikunto, Suharsimi 2002. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Fadiah. 2009. Peningkatan Menulis Puisi melalui Pendekatan PAKEM pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Takalar. Universitas Negeri Makassar.

Ghina Naurah. 2009 Pembelajaran Keterampilan Menulis dengan Teknik Inquiry Siswa Kelas XI SMA 6 Negeri Makassar. Universitas Negeri Makassar.

Hamalik, Oemar 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Iskandarwassid & Sunendar, D. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Maulana, Soni Farid 2004. Menulis Puisi Satu Sisi. Bandung: Pustaka Khalifah.

Maman Sulaeman, Maman 2006. Analisis Struktur Karya Satra Fiksi. Bandung: Uninus.

Pendekatan Kontekstual ; Contextual Teaching and Learning. Jakarta: Direktorat PLP

Standar Kompetensi Kelas V Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Puskur Dit PTK-SD Depdiknas 2002.

Sudjana, Nana. 1989. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H. G. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.. Bandung: Angkasa

Waluyo, H. J. 2010. Pengkajian dan Apresiasi Puisi. Salatiga: Widya Sari.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.