PENERAPAN MODEL COLABORATIF LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA

Eva Dwika Masni, Desak Made Ristia Kartika

Sari


Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen. Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah meningkatan kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah vektor melalui model pembelajaran Collaboratif Learning dalam perkuliahan Analisis Vektor. Target khusus penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Apakah kemampuan pemahaman konsep mahasiswa yang mendapatkan pembelajaran kolaboratif lebih baik daripada mahasiswa yang memperoleh pembelajaran biasa? (2) Apakah pemecahan masalah matematis mahasiswa yang mendapatkan pembelajaran kolaboratif lebih baik daripada mahasiswa yang memperoleh pembelajaran biasa? (3) Apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah antara mahasiswa yang memperoleh pembelajaran kolaboratif dan mahasiswa yang memperoleh pembelajaran biasa? (4) Apakah terdapat korelasi antara kemampuan pemahaman matematis dengan pemecahan masalah matematis mahasiswa baik yang mendapatkan pembelajaran kolaboratif maupun yang mendapatkan pembelajaran biasa? Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah program studi pendidikan matematika semester V UNCP tahun akademik 2017/2018. Rancangan eksperimen yang digunakan adalah pretest-posttest two treatments design. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen tes yaitu tes kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis. Pokok bahasan yang disajikan sebagai bahan materi adalah penjumlahan dan perkalian vektor. Data mengenai kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah dianalisis dengan statistika inferensial menggunakan uji independent sample t test dan menguji interaksi dengan menggunakan korelasi Spearman's rho. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Kemampuan pemahaman mahasiswa yang mendapatkan pembelajaran kolaboratif lebih baik daripada mahasiswa yang memperoleh pembelajaran biasa (2) Kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa yang mendapatkan pembelajaran kolaboratif lebih baik daripada mahasiswa yang memperoleh pembelajaran biasa (3) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah antara mahasiswa yang memperoleh pembelajaran kolaboratif dan mahasiswa yang memperoleh pembelajaran biasa (4) Terdapat korelasi antara kemampuan pemahaman matematis dengan pemecahan masalah matematis mahasiswa baik yang mendapatkan pembelajaran kolaboratif maupun yang mendapatkan pembelajaran biasa
Kata kunci: Pembelajaran Kolaboratif, Pemahaman Konsep, Pemecahan Masalah.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Bell, F. H. 1978. Teaching and Learning Mathematics. Unites States of America: WM, C, Brown Company Publisher.

BSNP, 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMP/MTs. Jakarta: Balitbang.

Krulik dan Reys. 1980. Problem Solving in School Mathematics. Virginia: NCTM.

Polya, G. 1973. How to Solve It. United States of America: Princeton University Press.

Muntazhimah. 2015. Pembelajaran kolaboratif berbantuan cabri-3d untuk meningkatkan kemampuan spasial dan komunikasi matematis serta dampaknya terhadap Kecemasan matematis siswa smp. Tesis UPI Bandung: Tidak dipublikasikan.

Ruseffendi, E. T. 1991. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pembelajaran Matematiaka Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Ruseffendi, E. T. 2006 Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Sato, M. 2007. Tantangan yang harus dihadapi disekolah. Makalah dalam bacaan rujukan untuk lesson study- berdasarkan pengalaman Jepang dan IMSTEP. Jakarta : Sisttems.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarmo, U. 1987. Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Untuk Siswa SMA Dikaitkan Dengan Penalaran Logik Siswa dan Beberapa Unsur Proses Belajar Mengajar. Disertasi UPI Bandung: Tidak dipublikasikan.

Turmudi. 2009. Pemecahan Masalah Matematika.UPI. Materi disampaikan dalam rangka pengembangan pendidikan guru madrasah ibtidaiyah di IAIN Arraniri Banda Aceh.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.