PENGARUH CARA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 MAPPEDECENG

Awaluddin Makaraka

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Mendapatkan informasi mengenai cara belajar yang dilakukan oleh siswa kelas XII SMA Negeri 1 Mappedeceng. (2) Mendapatkan informasi mengenai motivasi belajar yang dilakukan oleh siswa kelas XII SMA Negeri 1 Mappedeceng. (3) Mendapatkan informasi mengenai kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XII SMA Negeri 1 Mappedeceng. (4) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh cara belajar dan motivasi belajar terhadap kemampuan masalah matematika matematika siswa kelas XII SMA Negeri 1 Mappedeceng. Jenis penelitian ini adalah ex-postfacto yang bersifat kausalitas. . Populasi penelitian adalah siswa kelas XII SMA Negeri 1 Mappedeceng pada tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini dipilih dengan metode cluster random sampling dengan jumlah sampel 40 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner cara belajar, kuesioner motivasi belajar dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan statistik deskriptif yang meliputi cara belajar yang dilakukan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Mappedeceng berada pada kategori sedang. Motivasi belajar siswa kelas XII SMA Negeri 1 Mappedeceng berada pada kategori sedang, sementara untuk hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika tergolong pada kategori sedang. Dari hasil analisis inferensial dengan menggunakan analisis regresi berganda diperoleh kesimpulan bahwa cara belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMA Negeri 1 Mappedeceng.
Kata Kunci: Cara Belajar, Motivasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Abdullah, Ambo Enre. 1987.Pokok-pokok Layanan Bimbingan Belajar. Ujung Pandang: FIP.

AI-Falasany, Jud. dkk.1987. Kunci Sukses Belajar Bagi Pelajar dan Mahashwa . Semarang: Aneka Ilmu.

Djaali. 1984. Pengaruh Kebiasaan belajar, Sikap, Kemampuan dasar dan proses belajar pada siswa SMA di Ujung Pandang. Ujung Pandang: IKIP Ujung Pandang

Gibson, Invancevich.Donelly. 1997. Organisasi, Prilaku, Struktur, proses. Jakarta : Erlangga

Gunawan. 2003. Pengaruh cara belajar dan kemampuan dasar berhitung terhadap prestasi belajar siswa SLTP Negeri 1 Sungguminasa kabupaten Gowa. Skripsi : Unismuh Makassar

Gomes. FC. 1995. Manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta: Andi Off set.

Hudoyo, Herman. 1988. Mengajar belajar matematika. Ujung Pandang : P2LPTK

Jufri.S. 2002. Pengaruh Motivasi belajar terhadapa prestasi belajar matematika siswa SLTP Negeri 1 Soppeng. Skripsi. UNM Makassar

Mangkunagara, A Anwar. Prabu. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Rosda Karya.

Paduppai. Darwing. I990. pengaruh cara belajar dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP Negeri 1 Kecamtan Marioriwawo KabupatenSsoppeng. Skripsi. IKIP Ujung Pandang.

Polya, G.1985. How to solve it. A new aspect of Mathematical Method. Princeton, New Jersey: Princeton University Press.

Rasyid, Abdul. I988. Pengaruh Fasilitaj Belajar dan PerhatianOrang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas II SMP Negeri Palangga. Skripsi. F-MIPA. IKIP Ujung Pandang,

Sardiman, AM. I986. interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Siagian. I980. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Bina Aksara.

Sukamto. i995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 1992. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru

Suherman, Erman. 1990. Petunjuk Praktik Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika Untuk Guru dan calon Guru . Bandung: Wijaya Kusuma

Sumarmo, U dedy. dan Rahmat. 1994. Suatu alternatif pengajaran untuk meningkatkan pemecahan masalah matematika pada guru dan siswa SMA. Laporan hasil penelitian FPMIPA IKIP Bandung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.