RANCANG BANGUN MEDIA PRAKTIKUM SISTEM PNEUMATIK BERBASIS PLC

Ahyar M, Zulkarnain Arifin

Sari


Praktikum pada kurikulum pendidikan vokasi atau kejuruan mempunyai kedudukan yang sangat penting. Penyelenggaraan matakuliah praktikum khususnya pada perguruan tinggi bidang keteknikan dikembangkan untuk mewujudkan kompetensi dasar teknik yang yang relevan dengan kondisi yang akan dihadapi dalam dunia kerja. Untuk diperlukan media ajar atau media praktikum yang dapat menunjang dan menambah pengetahuan dan wawasan mahasiswa mengenai aplikasi teknis matakuliah tersebut dalam dunia nyata khususnya di industri. Matakuliah yang mengkaji tentang sistem pneumatik maupun Programmable Logic Control (PLC) memerlukan media praktikum yang dapat mensimulasikan proses-proses otomasi industri. Pada makalah ini akan disajikan mengenai perancangan media praktium yang dapat digunakan sebagai simulator sistem pneumatik dengan pengendali PLC. Penelitian experimental ini meliputi tahapan-tahapan yaitu : perencanaan, pembuatan, ujicoba dan finalisasi. Media praktikum didisain portabel menggunakan material yang ringan dan mudah diperoleh, dan cocok digunakan untuk skala laboratorium dengan tegangan kerja elektrik 220 V dan tekanan kerja pneumatik 4 bar (≈60 psi). Sistem otomatis diwakili oleh sistem elektro-pneumatik, yang dapat mengaplikasikan proses-proses industri seperti sistem pendorong barang, sistem belt conveyor dan sistem pencacah barang.
Kata Kunci: media praktikum, sistem pneumatik, PLC, proses otomasi industri.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Akhmad. 2009. Perancangan Simulasi Sistem Pergerakan dengan Pengontrolan Pneumatik untuk Mesin Pengampelas Kayu Otomatis. Jurnal Rekayasa Sriwjaya, No. 3, Vol. 18., Nopember 2009, hal 21 – 28.

Ahyar M. dan Irdam. 2015. Otomatisasi Mesin Penggulung Kumparan Motor Listrik dengan Penggerak Motor Stepper, Prosiding Seminar Nasional Teknologi Industri III, November 2015, hal. 285 – 290.

D.R. Kristanto, dan A. Ansori. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Praktikum Kelistrikan Body Otomotif untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Mahasiswa D3 Teknik Mesin UNESA, JPTM, Vol. 1, No. 3 Tahun 2013, hal. 40 – 49.

H. Wicaksono. 2009. Programmable Logic Controller : Teori, Pemrograman dan Aplikasinya dalam Otomasi Sistem, Graha Ilmu – Yogyakarta.

I. Fadullah, J.C. Madao, dan R. Angriawan. 2015. Rancang Bangun Sistem Media Ajar Pneumatik Berbasis PLC, Tugas Akhir Program D3 Akademi Teknik Soroako.

P. Croser, F. Ebel. 2000. Pneumatics: Basic Level, Festo Didactic GmbH & Co., D-73770 Denkendorf.

R. Kurniawan. 2008. Rekayasa Rancang Bangun Sistem Pemindahan Material Otomatis dengan Sistem Elektro-Pneumatik, Jurnal Ilmiah Teknik Mesin CAKRAM, Vol. 2, No. 1, 2008, hal. 42-48.

W.C. Turner, J.H. Mize, K.E. Case, and J.W. Nazemetz. 2000. Introduction to Industrial and System Engineering, Edisi Bahasa Indonesia, Penerbit Guna Widya, Surabaya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.