PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA

Ernawati Ernawati

Sari


Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran (open ended problem dan pemecahan masalah) terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematika siswa SMA DDI Maros. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA DDI Maros, sebanyak 3 kelas. Tehnik pengambilan sampel adalah menggunakan sampel acak sederhana, dengan membuat nomor urut kelas, selanjutnya dari kelas yang terpilih tersebut ditentukan kelompok eksperimen 1 dan kelompok eksperimen 2 yang diajar dengan menggunakan pendekatan open ended problem dan pendekatan pemecahan masalah. Data yang dikumpulkan terdiri dari data hasil belajar siswa, data aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan data respons siswa terhadap perangkat pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa data aspek aktivitas siswa dengan menggunakan pendekatan open ended problem berada pada kategori baik, data aspek respons siswa berada pada kategori cenderung positif. Adapun data aspek aktivitas siswa dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah berada pada kategori baik, data aspek respons siswa berada pada kategori cenderung positif. Hasil analisis inferensial dengan menggunakan uji multivariate analisis of variance (MANOVA), menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran (open ended problem dan pemecahan masalah) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematika siswa kelas X SMA DDI Maros.
Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran, Kemampuan Penalaran, Kemampuan Komunikasi Matematika.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Asrori, Muhammad. 2008. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Depdiknas. 2006. Permendikas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Is Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Elida, N. (2012). Infinity. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW). Bandung: STKIP Siliwangi.

Jihad, Asep., Haris Abdul. 2008a. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Multi Pressindo.

Hamiyah Nur., Jauhar M. 2014. Strategi Belajar-Mengajar Di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Mahmudi, Ali. 2008. Mengembangkan Soal Terbuka (Open Ended Problem) dalam Pembelajaran Matematika; Makalah yang Diselenggarakan oleh Program Pascasarjana Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Yogyakarta, Jumat, 28 Nopember.

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). 2000. Principles and Standard for School mathematics. Virginia: NCTM inc.

Nurahman, Iman..(2011). “Pembelajaran Kooperatif Tipe Team-Accelerated Instruction (TAI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika Siswa SMP”.Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal.

Ruseffendi., Rippi Maya., Rudy Kurniawan., Hamidah. 2014. Pengembangan Hard Skill & Soft Skill Matematika Bagi Guru dan Siswa (Mendukung Implementasi Kurikulum). Dalam Harry Dwi Putra & Gida Kadarisma, (Eds.) PROSIDING Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Bandung: (STKIP)

Siliwangi.

Suherman H.Erman., Turmudi., dkk. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA - Universitas Pendidikan Indonesia.

Sumarno (2013).Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya. Pembelajaran Mateatika Untuk Mendukung Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: UPI. Untuk kalangan sendiri.

Yaniawati, R. Poppy. (2010). e-learning Alternatif Pembelajaran

Kontemporer.Bandung: Arfino Raya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.