KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN KOOPERATIF TIPE TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII

Nila Triana, Muhammad Ilyas, Fahrul Basir

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain two group pretest-posttest yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Satuan eksperimen penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 7 Palopo yang ditentukan dengan teknik purposive sampling sehingga terpilihlah dua kelas yang homogen. Kelas eskperimen 1 kelas 7b di ajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan kelas eksperimen 2 kelas 7c di ajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian adalah: (1) Pemahaman konsep matematis siswa sebelum di ajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) berada pada kategori rendah dan setelah diajarkan menggunakan model jigsaw dan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) berada pada kategori tinggi, (2) terjadi peningkatan pemahaman konsep matematis siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI), (3) terdapat perbedaan peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI)

Full Text:

Download PDF

References


Marthina, 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 20 Bandar Lampung. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Nurhidayanti, 2015. Efektifitas Pembelajaran Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas VIII SMP N 6 Sabbang. Skripsi. Palopo: FKIP-UNCP.

Pirdaus dan Afriansyah. 2016. Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individually untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA Vol.2, No.1.

Putri Ayu Tiara, 2015. Efetivitas Pembelajara Kooperatif Tipe TAI Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Shoimin Aris. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta. Bandung.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wahyuni Rahayu Ika, 2016. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis di Kelas VII SMP. Skripsi. Palopo: FKIP-UNCP.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.