PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINGKING SKILLS SIWA KELAS VIII SMPN 6 PALOPO

Ikram Lihu, Ma’rufi Ma’rufi2, Muhammad Ilyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan HOTS siswa setelah diajar dengan media pembelajaran berbantuan aplikasi geogebra pada materi ruang sisi datar, apakah terjadi peningkatan HOTS siswa setelah diajar menggunakan alat peraga pada materi bangun ruang sisi datar dan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan peningkatan HOTS siswa setelah diajar dengan media pembelajaran berbantuan aplikasi geogebra dan siswa yang diajar menggunakan alat peraga pada materi ruang sisi datar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pretest-posttest control group design. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Pada SMPN 6 Palopo. Populasi dalam penelitian kelas VIII E dan VIII F SMPN 6 Palopo Tahun Ajaran 2018/2019. Tingkat kemampuan HOTS siswa diperoleh dengan menggunakan instrumen soal pretest dan posttest dalam bentuk essai. Data aktivitas siswa menggunakan lembar observasi dan data respons siswa menggunakan angket respons siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan uji-t. Hasil penelitian diperoleh terdapat perbedaan peningkatan HOTS siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran berbantuan aplikasi geogebra dan menggunakan media pembelajaran alat peraga.

Kata Kunci: Geogebra, HOTS, pretest-posttest.

Full Text:

Download PDF

References


Hariyati, E., & Usodo, B. 2013. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperafif Tipe Team Assisted Indvidualization (TAI) dan Problem Based Learning (PBL) Pada Prestasi Belajar Malematika Ditinjau Dari Multiple Intelligences Siswa SMP Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 20l2/2013. Jurnal Pembelajaran Matematika.

Ilyas, M. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Pustaka Ramadhan. Bandung.

Ilyas, M., & Fitriani, A. (2015). Pembelajaran Matematika melalui Model Kooperatif Tipe Make a Match dan Tipe Scramble Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Palopo. Sainsmat, 3(1).

Kurniati, D. 2016. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP Di Kabupaten Jember Dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA. Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 20(2), 142-155.

Ma’rufi, Ilyas, M., & Fitriani, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Posing dengan Scaffolding Metakognitif pada SMPN Kota Palopo. Prosiding, 1(1), 34-46.

Ma’rufi, Pasandaran, R. F., & Yogi, A. (2018). Pemahaman konsep geometri mahasiswa berdasarkan gaya kognitif mahasiswa. Proximal Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 56-67.

Mahmudi, A., & Negeri, J. P. M F. U. 2011. Pemanfaatan Geogebra dalam pembelajaran matematika. In Makalah terdapat pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Maternatika. Seminar diselenggarakan oleh Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Mulyasa, E.. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Cet. 3. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nopiyani, D., Turmudi, T., & Prabawanto, S. 2016. Penerapan Pembelajaran Matematika Realislik Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Mosharafa. Jurnal Pendidikan Matematika.

Nur’aini, I. L., Harahap, F... Badruzzaman, F. H., & Damnawan, D. 2017. Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan Geogebra. Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika.

Purwanti, R. D, Pratiwi, D. D., & Rinaldi, A. 2016. Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Geogebra terhadap Pemahaman Konsep Malematis Ditinjau dari Gaya Kognitif. A1-Jabar: Jumal Pendidikan Matematika.

Sari, F. K., Farida, F., & Syaza1i, M. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran (Modul) Berbantuan Geogebra Pokok Bahasan Turunan. A1-Jabar: Jumal Pendidikan Matematika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 34 times
Download PDF - 23 times