EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATAMTIKA SISWA KELAS VII SMPN 3 BAJO

Sintong Djampang, Ma'rufi Ma'rufi, Muhammad Ilyas

Abstract


. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan model problem based learning dengan pendekatan open ended untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa materi bangun datar segiempat dan segitiga. Subjek penelitian ini adalah VII2 dengan jumlah sebanyak 30 orang. Pertemuan dikelas dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar hasil belajar siswa, lembar aktivitas siswa, angket respon siswa, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model problem based learning dengan pendekatan open ended untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa materi bangun datar segiempat dan segitiga sangat efektif digunakan dan diterapkan, hasil belajar matematika aspek kognitif siswa sebelum dan setelah diterapkan model problem based learning dengan pendekatan open ended secara berturut-turut berada pada kategori cukup ideal dan sangat ideal, hasil belajar matematika aspek keterampilan siswa sebelum dan setelah diterapkan model problem based learning dengan pendekatan open ended secara berturut-turut berada pada kategori cukup ideal dan ideal, respon siswa setelah diterapkan model problem based learning dengan pendekatan open ended berada pada kategori positif, terjadi peningkatan hasil belajar matematika aspek kognitif dan aspek keterampilan siswa kelas VII SMPN 3 Bajo setelah diterapkan model problem based learning dengan pendekatan open ended, model problem based learning dengan pendekatan open ended efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Full Text:

Download PDF

References


Evawati, 2007. Filsafat Dunia Matematika Pengantar Untuk Memahami Konsep-Konsep Matematika, Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Frans, H., 2007. Evaluasi Kinerja Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Lakipadada Kabupaten Tana Toraja dengan Pendekatan Balanced Scorecard. Tesis. Magister Manajemen Farmasi, Universeitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Hardjana, 2000. Definisi Efekitf, Online.http://ebookbeta.com/definisi/efektivitas; menurut-para-ahli-page.com.html.

Isjoni. 2013. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21, Bogor: Ghalia Indonesia.

Istarani, 2011. Pembelajaran Inovatif, Medan: Media Persada.

Putra, 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains, Yogyakarta: Diva Press.

Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Suprijono Agus. 2013. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem (Edisi Revisi), Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu, Surabaya: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.