Pengembangan Media Pembelajaran Konsep Dasar IPA Pada Prodi PGMI IAIN Palu

A Arda, A Ardiansyah

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran konsep dasar IPA pada Prodi PGMI IAIN Palu. Media dikembangkan dengan menggunakan Macromedia flash 8 serta mengadopsi model pengembangan ADDIE. Materi yang dikembangkan dalam media meliputi besaran dan satuan, kinematika gerak, dinamika gerak serta usaha dan energi. Media pembelajaran yang dikembangkan telah melalui ujicoba. Ujicoba dilakukan kepada mahasiswa PGMI yang memprogramkan mata kuliah konsep dasar IPA. Ada dua bagian utama dari media yang dikembangkan meliputi materi dan soal latihan. Setiap materi diawali dengan video pendahuluan. Media pembelajaran ini diharapkan dapat menjadi alternatif bagi mahasiswa dalam belajar konsep dasar IPA baik secara mandiri maupun kelompok.

Full Text:

Untitled

References


Arda, "Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pokok Bahasan Gaya Dan Hukum Newton Untuk Siswa SMP", Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, vol. 6, no. 1, pp. 1-8, 2017.

I. Falahudin, "Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran", Jurnal Lingkar Widyaiswara, vol. 1, no. 4, pp. 104-117, 2014.

A. Asyari and H. Silvia, "Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin Dalam Bentuk Buku Saku Untuk Pembelajaran IPA Terpadu", Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, vol. 05, no. 1, pp. 1-13, 2016.

A. Z. Rahman, T. N. Hidayat and I. Yanuttama, "Media Pembelajaran IPA Kelas 3 Sekolah Dasar Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android," Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, Yogyakarta, 2017.

N. S. Hanum, "Keefektifan E-learning Sebagai Media Pembelajaran, "Jurnal Pendidikan Vokasi, vol. 3, no. 1, pp. 90-102, 2013.

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta: Kencana, 2010.

R. M. Branch, Instructional Design: The ADDIE Approach, New York: Springer, 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.