Pembuatan Aplikasi Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Berbasis Android pada SMA Negeri 5 Palopo

J Jusrianto, Abdul Zahir, A Muthmainnah

Abstract


Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Develop (R&D) yang terdiri dari tahap pengumpulan data, perancangan dan uji coba produk. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi media pembelajaran pendidikan jasmani dan olahraga berbasis Android pada SMA Negeri 5 Palopo. Tahap pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan studi pustaka yang digunakan untuk menggali informasi yang terkait dalam penelitian. Setelah itu dilakukan tahap analisis multimedia dengan menganalisa proses pembelajaran pendidikan jasmani dan olahraga pada SMA Negeri 5 Palopo untuk mendapat kesimpulan dari data yang diperoleh. Tahap perancangan dalam penelitian ini adalah menyiapkan hal-hal seperti kebutuhan fungsional yaitu pengguna dapat melihat konten yang terdapat pada aplikasi seperti materi dan animasi serta dapat mengerjakan kuis. Kebutuhan nonfungsional yaitu berupa perangkat keras yang digunakan seperti laptop dan smartphone, perangkat lunak yang digunakan berupa aplikasi CorelDraw untuk mendesain gambar, Adobe Flash CS6 untuk membuat aplikasi media pembelajaran dan Adobe AIR untuk membaca aplikasi yang dibuat di smartphone. Hasil penelitian yang diperoleh adalah berupa media pembelajaran pendidikan jasmani dan olahraga berbasis android yang sesuai dengan rancangan yang telah dibuat. Media pembelajaran pendidikan jasmani dan olahraga berbasis android yang dibuat dapat berguna dan memberikan kemudahan dalam proses pembelajaran.

Full Text:

Untitled

References


J. Arifin dan L. N. Zulita, “Perancangan Murottal Otomatis Menggunakan Mikrokontroller Arduino Mega 2560”, Jurnal Media Infotama, vol. 12, no. 1, 2016.

A. Noor, “Aplikasi Kisah 25 Nabi Dan Rasul Berbasis Android”, Jurnal Sains dan Informatika, vol. 2, no. 2, 2017

F. A. Ashfahany, S. Adi dan E. Hariyanto, “Bahan Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan dalam Bentuk Multimedia Interaktif Untuk Siswa Kelas VII”, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, vol. 2, no. 2, 2017

A. Widodo, “Pengembangan Model Pembelajaran Seni Gerak Pencak Silat Berbasis Aplikasi Android”, Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.