Perancangan Dan Implementasi Sistem E-Learning pada Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Sukamaju Kabupaten Luwu Utara

N Nirsal, R Rusmala, S Syafriadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) Merancang sistem e-learning mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Sukamaju (2) Mengimplentasikan sistem e-learning mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Sukamaju. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Tahap pengembangan model ADDIE yaitu analisis kebutuhan, perancangan sistem e-learning menggunakan pendekatan berorientasi objek yaitu terdiri dari use case diagram, activity diagram, sequence diagram, class diagram, pengembangan sistem e-learning, implementasi pada uji perangkata lunak menggunakan uji coba (one to one, kelompok kecil dan lapangan) dan evaluasi yang dilakukan untuk kebutuhan revisi sistem e-learning. Hasil penelitian ini adalah sistem e-learning berbasis website mata pelajaran TIK yang dibekerja pada localhost dengan menyertakan buku panduan penggunaan. Media sistem e-learning ini telah memenuhi syarat kevalidan, praktis dan efektif. Kevalidan diperoleh dari hasil validasi ahli media dan ahli materi, kepraktisan diperoleh dari hasil lembar observasi siswa dan guru sedangkan keefektifan diperoleh berdasarkan hasil evaluasi siswa dan respon positif dari siswa dan guru.

Full Text:

Untitled

References


A. M. Laleye, “Educational Technology for Effective Service Delivery in Educational Training and Research in Nigeria”, Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 176, pp. 398-404, 2015.

Pemerintahan Indonesia, “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003”, Jakarta, 2003.

N. S. Hanum, “Keefetifan E-Learning sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto),” J. Pendidik. Vokasi, vol. 3, no. 1, 2013.

R. D. Mahande and Jasruddin, “Utilisation Study of Mobile Technology at a Vocational High School”, World transactions on engineering and technology education, vol.15, no. 2, 2017

J. Stoffregen, J. M. Pawlowski, and H. Pirkkalainen, “A Barrier Framework for open E-Learning in public administrations,” Comput. Hum. Behav., vol. 51, pp. 674–684, 2015.

J. Judrups, “Analysis of Knowledge Management and E-Learning Integration Models,” Procedia Comput. Sci., vol. 43, pp. 154–162, 2015.

L. Brosser and C. Vrabie, “The Quality Initiative of E-Learning in Germany (QEG)- Management for Quality and Standards in E-Learning”, Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 186, pp. 1146–1151, 2015.

M. D. Gall, W. R. Borg, and J. P. Gall, Educational Research: An Introduction, 7th ed. New York: Longman, Inc, 2003

B. A. Pribadi, Model Desain Sistem Pembelajaran: Langkah Penting Merancang Kegiatan Pembelajaran Yang Efektif dan Berkualitas, Jakarta: Dian Rakyat, 2009.

T. Trisdyanto, “Development of Materials Building Materials Environmental Constructive-Constructive Side,” J. Daya Mat., vol. 1, no. 2, pp. 258, 2013.

Tim Penyusun KBBI, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2008.

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2012.

Y. Riyanto, Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC, 2010.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.

S. Azwar, Reliabilitas dan Validitas Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.