Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Huruf Dan Angka Untuk Anak Taman Kanak-kanak (TK)

Saddang Saputra

Abstract


Untuk mengoptimalkan masa emas (golden age) tumbuh kembang anak pemerintah terus berupaya meningkatkan penyelenggaraan pendidikan dan pengembangan anak semenjak usia dini melalui pendidikan anak usia dini (PAUD). Salah satu jenis PAUD adalah taman kanak-kanak. umumnya anak-anak usia dini cendrung suka bermain dari pada belajar. Agar anak usia dini cenderung tertarik untuk belajar maka perlu cara atau sarana yang sesuai dengan tingkat usianya. Anak usia 4-6 tahun merupakan bagian dari anak usia dini yang memasuki masa peka bagi anak Masa ini merupakan masa untuk meletakkan dasar pertama dalam mengembangkan kemampuan fisik, kognitif, bahasa, sosial emosi, konsep diri, disiplin, seni, moral dan nilai-nilai agama. Oleh sebab itu dibutuhkan kondisi dan stimulasi yang sesuai dengan kebutuhan anak agar pertumbuhan dan perkembangan anak tercapai secara optimal, sehingga media pembelajaran yang sesuai untuk anak usia dini saat ini adalah media pembelajaran interaktif yaitu belajar sambil bermain. Menjawab tantangan tersebut peran teknologi sangat diperlukan, Perkembangan teknologi informasi pada saat ini biasanya dapat dimanfaatkan untuk kemajuan anak-anak dalam dunia pendidikan, dalam bentuk aplikasi mobile. Dengan adanya aplikasi mobile ini dapat membantu anak anak belajar. Derasnya perkembangan teknologi informasi ini tak hanya sekedar pada bidang bisnis, industri dan gaya hidup tapi telah masuk kepada semua bidang, Apalagi perkembangan teknologi mobile menggunakan platform android. Banyak produsen smartphone berlomba – lomba mengeluarkan inovasi baru dan menggunakan system operasi android dan tidak ada batasan umur lagi untuk menggunakan smartphone ber-platform android. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitihan ini yakni Research and Develop (R&D), dimana penelitian ini dipilih sesuai dengan tujuan penelitian yang ingin dicapai yaitu untuk menghasilkan suatu produk berupa Media Pembelajaran Pengenalan Huruf dan Angka untuk anak TK berbentuk multimedia pembelajaran. Hasil pengujian sistem menyakan jika keseluruhan sistem yang diuji berhasil dijalankan sehingga layak untuk digunakan

Full Text:

Untitled

References


Pemerintahan Indonesia, “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003”, Jakarta, 2003

A. and A. Mulyoto, "Animasi Pembelajaran Interaktif untuk Anak 4-5 Tahun Berbasis Android," Jurnal Informatika Universitas Pamulang, vol. 1, no. 2, pp. 38, 2016.

I. Mustaqim and N. Kurniawan, "Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality," Jurnal Edukasi Elektro, vol. 1, no. 1, pp. 36, 2017.

S. Butsianto, "Aplikasi Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android," Jurnal Teknologi Pelita Bangsa – Sigma, vol. 6, pp. 112, 2017.

S. Wawan , Suherman, S. Nopembri dan N. R. Muktiani, "Pengembangan “Majeda” Berbasis Dolanan Anak Untuk Mengoptimalkan Tumbuhkembang Siswa Taman Kanak-Kanak," Cakrawala Pendidikan, vol. XXXVI, pp. 220, 2017.

N. Saurina, "Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality," Jurnal Iptek , vol. 20, no. 1, pp. 95, 2016.

R. Kusumawati dan A. Mariono , "Pengembangan Media Flashcard Tema Binatang Untuk Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Asemjajar-Surabaya," Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 4, no. 1, pp. 24, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.