Pengembangan Aplikasi Cerita Rakyat Luwu Berbasis Android

A Aman, N Mustika

Abstract


Panjangnya sejarah berdirinya kerajaan Luwu menjadi sebuah landasan utama yang sangat menarik untuk terus dikembangkan dalam sebuah cerita rakyat yang hampir punah. Salah satu kendala dalam kemajuan teknologi adalah masyarakat tidak lagi memiliki minat yang baik dalam membaca buku, apalagi menyangkut sejarah. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah inovasi untuk kembali menumbuhkan semangat masyarakat Palopo khususnya dan Indonesia pada umumnya untuk mengenal kerajaan Luwu. Inovasi itu ialah membuat sebuah aplikasi berbasis android yang mampu merangkum cerita-cerita rakyat mengenai Kerajaan Luwu. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi cerita rakyat luwu yang disajikan dalam bentuk suara, teks dan gambar yang mudah dimengerti dari kalangan anak-anak dan dewasa.

Full Text:

Untitled

References


B. F. Matthes, Boeginesche en Makassarsche legenden, Amsterdam: Nederlandsch Bijbelgenootschap, 1943, pp. 377-423.

R. A. Kern, I La Galigo, Edisi Indonesia, Yogyakarta: Gadjah Mada Press, 1989.

A. Aman, M. A. Hamzah dan Dasril, “Aplikasi Cerita Rakyat Luwu Berbasis Android” dalam Seminar Nasional teknologi infomasi dan komputer, 2017, vol. 1.

I. Anwar, La Galigo Mutiara Tompoq Tikkaq, Palopo: Pustaka Sawerigading, 2016.

A. Juansyah, “Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted – Global Positioning System (A-Gps) Dengan Platform Android”, Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika, Bandung, vol. 1, 2015.

I. Anwar. La Galigo Turunnya Manusia Pertama, Palopo: Arung Pustaka, 2010.

N. Safaat, Android (Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android), Bandung: Informatika, 2011.

S. Pawiloy, Ringkasan Sejarah Luwu, Makassar: CV. Talaga Zamzan, 2002.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.