Aplikasi Keluhan Pelanggan di Plasa Telkom PT. Telkom Majene

H Yeni, N Rasjid

Abstract


Peningkatan jumlah pelanggan PT. Telkom Majene diharapkan berbanding lurus dengan peningkatan pelayanan dari pihak Telkom dalam penanganan permasalahan yang ada pada pelanggan. Saat ini, untuk laporan keluhan pelanggan di Plasa Telkom PT. Telkom Majene masih mengharuskan pelanggan langsung ke kantor PT. Telkom. Hal ini mendorong peneliti untuk membuat aplikasi keluhan pelanggan di Plasa Telkom PT. Telkom Majene berbasis android. Android dijadikan platform dalam aplikasi ini dikarenakan semakin berkembang pesatnya smartphone bersistem operasi android dan sudah digunakan oleh semua kalangan. Ada beberapa kemudahan yang diperoleh petugas dan pelangan dalam mengelola maupun melakukan keluhan tentang gangguan yang terjadi pada perangkat dan jaringannya dengan menggunakan aplikasi ini. Karena aplikasi ini dilengkapi dengan menu keluhan, paket indihome, cek kuota, profil dan about. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu dan mempermudah bagi masyarakat atau pelanggan PT. Telkom Majene untuk memberikan pelaporan keluhan atau komplain terhadap masalah-masalah yang terkait dengan fasilitas seperti gangguan jaringan yang terjadi secara cepat tanpa harus pergi ke kantor PT. Telkom untuk melaporkan masalah.

Full Text:

Untitled

References


Rohimah dan A. D. Supriatna, “Pengembangan Aplikasi Daftar Keluhan Pelanggan Internet di PT.Rahajasa Media Internet,” J. Algoritm., 2015.

A. B. Kusuma dan L. Yulianto, “Pembuatan Website Monitoring Keluhan Pelanggan Pada PT. Telkom Unit Layanan Ngadirojo,” Indones. J. Netw. Secur., 2013.

A. Developers, “Android Developers,” in httpdeveloperandroidcom, 2009.

I. Binanto, “Analisa Metode Classic Life Cycle (Waterfall) Untuk Pengembangan Perangkat Lunak Multimedia,” Univ. Sanata Dharma, 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.