Perancangan Interface E-Skripsi Program Studi Informatika Universitas Cokroaminoto Palopo

D Prasti, M Idham, J Clara, H Hesti

Abstract


Skripsi merupakan suatu karya tulis ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa sebagai tugas akhir untuk memperoleh gelar sarjana dari perguruan tinggi. Untuk membuat skripsi tentunya tidak mudah, mahasiswa harus terlebih dahulu mengajukanjudul dari skripsi yang akan dikerjakan ke Program Studi. Selama ini pengajuan judul skripsi masih menggunakan media kertas dan mahasiswa harus mencari dan bertemu langsung dengan calon dosen pembimbing dari skripsi tersebut. Selain memerlukan waktu yang lama, mahasiswa perlu mengatur jadwal bertemu dengan beberapa calon dosen pembimbing. Penelitian ini bertujuan untuk merancang suatu interface aplikasi yang dapat memudahkan mahasiswa dalam mengajukan judul skripsi secara online. Selain itu mahasiswa dapat mengakses skripsi yang telah dikerjakan sebelumnya oleh mahasiswa lain, panduan penuliasan skripsi, info tentang jadwal seminar atau sidang. Penulis menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) yang meliputi perencanaan, analisa, perancangan, implementasi dan pemeliharaan. Proses pembuatan aplikasi pengajuan skripsi yang telah selesai dibuat ini dapat dijalankan denganstatus online melalu koneksi jaringan internet dan offline dengan media jaringan wifi lokal.

Full Text:

Untitled

References


B. A. Majid, S. Vivianie, dan B. Yusuf, “Studi Evaluasi Penggunaan Software Bajakan Di Kalangan Mahasiswa Ftk Uin Ar-Raniry,” Cybersp. J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 2, pp. 37–47, 2018.

Y. Rolly dan N. Marpaung, “Pemodelan Aplikasi E-Skripsi Berbasis Arsitektur MVC pada STMIK Royal,” Semin. Nas. R., vol. 1, no. 1, pp. 45–50, 2018.

I. P. Ramayasa and I. B. K. S. Arnawa, “Perancangan Sistem Monitoring Pengerjaan Skripsi Pada Stmik Stikom Bali Berbasis Web,” Proc. Konf. Nas. Sist. dan Inform., vol., no., pp. 760–765, 2015.

Y. Nurfadilah dan R. Setiawan, “Pengembangan Aplikasi Pengendalian Tugas Akhir Berbasis Web Sisi Mahasiswa, Dosen, dan Staff USI,” J. Algoritm. Sekol. Tinggi Teknol. Garut, vol. 13, no. 01, pp. 34–40, 2016

Y. Nuryana; dan A. Mulyani, “Pengembangan Aplikasi Pengendalian Skripsi Berbasis Android Untuk Mahasiswa Dan Dosen Title,” J. Algoritm. Sekol. Tinggi Teknol. Garut, vol. 14, no. 2, pp. 58–64, 2017

D. Wahyuningsih, “Pengembangan Sistem Pembimbing Akademik Secara Online Dengan Memanfaatkan Teknologi Rich Internet Application,” J. Ilm. SISFOTENIKAJu, vol. 7, no. 2, pp. 197–206, 2017

Mauladi dan T. Suratno, “Analisis penentu antarmuka terbaik berdasarkan eye tracking pada sistem informasi akademik universitas jambi,” J. Penelit. Univ. Jambi Seri Sains, vol. 18, no. 1, pp. 64–68, 2016.

A. Nurlifa, S. Kusumadewi, and Kariyam3, “Analisis Pengaruh User Interface Terhadap Kemudahan Penggunaan Sistem Pendukung Keputusan Seorang Dokter,” Pros. SNATIF2, vol. 1, pp. 333–340, 2014.

J. Hartono, Analisa dan desain Sistem, Yogyakarta: Andi, 2005.

MADCOMS, Membangun website dengan HTML, PHP, MySQL, Yogyakarta: Andi, 2008


Refbacks

  • There are currently no refbacks.