Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Pemetaan Lokasi dan Spesifikasi Hotel di Kota Palopo Berbasis Website

A Prasetyo, Bobby Poerwanto, Hardiana Hardiana, Ruhamah Ruhamah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat rancang bangun sistem informasi geografis pemetaan lokasi dan spesifikasi hotel di Kota Palopo berbasis website merancang interface dan basis data sistem, membuat sistem sesuai dengan perancangan yang telah dibuat serta mengeimplemntasikan sistem yang telah di buat serta melakukan pengujian pada sistem. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode studi literatur, observasi dan wawancara. Sementara itu, dalam pengembangan sistem penulis menggunakan metode research and development mengacu pada model waterfall. Adapun software yang digunakan adalah sublime text sebagai text editor, PHP sebagai bahasa pemrograman, MySQL untuk pengelolahan basis data dan xampp sebagai servernya. Teknik pengujian yang digunakan dalam sistem ini yaitu teknik pengujian black box testing, Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan bahwa rancang bangun sistem informasi geografis pemetaan lokasi dan spesifikasi hotel di kota Palopo berbasis website layak dan sesuai dengan fungsi yang dibutuhkan. Hasil yang diharapkan dalam penelitian ini rancang bangun website ini menyediakan semua data-data yang terkait dengan hotel di Kota Palopo dan telah disesuaikan terlebih dahulu sehingga dapat memudahkan pihak dalam mengoperasikan sistem tersebut.

Full Text:

Untitled

References


A. Annugerah, Indah, Fitri, Astuti, and H. K, “Sistem Informasi Geografis Berbasis Web Pemetaan Lokasi Toko Oleh-Oleh Khas Samarinda. Jurnal Infromatika Mulawarman, (Online),” e-journals.unmul.ac.id, vol. Volume 11(, pp. 43–47, 2019.

N. Sahrun, “Sistem Informasi Posisi Hotel dan Kuliner Kota Pekanbaru Berbasis Web. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri,” ejournal.uin-suska.ac.id, vol. Volume 14(, pp. 1–8, 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.