Rancang Bangun Prototipe Cigarette Smoke Detector System Berbasis SMS Gateway Dan Mikrokontroller Arduino

Andi Nurhayati, Asri Asri, Andi Rosman, Vicky Bin Djusmin

Abstract


Rokok merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di dunia, karena di dalam rokok itu sendiri mengandung banyak racun dan bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh. Begitu pula dengan asap rokok yang dihasilkannya. Isu kematian akibat asap rokok juga menjadi salah satu permasalahan bagi orang yang bukan perokok, baik di tingkat nasional maupun internasional. Menurut US Centers for Disease Control and Prevention menyatakan bahwa hampir 50.000 orang Amerika meninggal setiap tahun akibat kanker paru-paru dan jantung disebabkan paparan asap rokok orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun prototipe cigarette smoke detector system yang berbasis mikrokontroller Arduino Mega 2560 dan SMS Gateway untuk melindungi perokok pasif dari paparan asap rokok. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model prototipe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prototipe dapat mendeteksi asap rokok dan akan memberikan alarm berupa bunyi dari buzzer yang disertai dengan kedipan LED. Kemudian, jika beberapa saat prototipe ternyata masih mendeteksi asap rokok, maka prototipe akan mengirimkan pesan sebanyak jumlah maksimal yang telah ditentukan dan akan mengirimkan pesan kembali jika selama beberapa waktu prototipe sudah bebas dari asap rokok. Adapun fitur sms gateway menggunakan bantuan modul bluetooth HC 05 yang terintegrasi dengan aplikasi android. Kelebihan dari adanya penggunaan aplikasi android ini adalah aplikasi dapat memberikan notifikasi, sehingga notifikasi tidak hanya berasal dari segi hardwarenya (prototipe), namun juga dari software/aplikasi android tersebut. Selain itu, penggunaan aplikasi juga dapat digunakan sekaligus sebagai media untuk memonitor sensor.

Full Text:

Untitled

References


L. Armayanti, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Mahasiswa dan Karyawan Terhadap Peraturan Kawasan Tanpa Rokok di Lingkungan Kampus Fakultas Psikologi Universitas Islam Riau,” J. RAT, vol. Vol. 3(3), pp. 543–550.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, “Hasil Utama Riskesdas 2018,” Jakarta, 2018.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, “Rokok: Akar Masalah Jantung dan Melukai Hati Keluarga,” 2018. [Online]. Available: http://www.depkes.go.id/article/print/18052800008/rokok-akar-masalah-jantung-dan-melukai-hati-keluarga.html. [Accessed: 27-Jan-2019].

K. Nurjannah, Lili, and A. Mufid, “Gangguan Fungsi Paru dan Kadar Cotinine pada Urin Karyawan yang Terpapar Asap Rokok Orang Lain,” J. Kesehat. Masy., vol. Vol 10(1), pp. 43–52, 2014.

Nurrurrahmah, “Pengaruh Rokok Terhadap Kesehatan dan Pembentukan Karakter Manusia,” in Seminar Nasional Pendidikan Karakter, 2014.

M. S. Mauludin, A. F. Alfalah, and D. D. Wibowo, “MQ 2 Sebagai Sensor Anti Asap Rokok Berbasis Arduino dan Bahasa C,” in Seminar Nasional Sains dan Teknologi, 2016.

A. S. R. Sujatmoko, J. Waworundeng, and A. K. Wahyudi, “Rancang Bangun Detektor Asap Rokok menggunakan SMS Gateway untuk Asrama Crystal di Universitas Klabat,” in Konferensi Nasional Sistem dan Informatika, 2015


Refbacks

  • There are currently no refbacks.